Vina A’yuni, Mawadah (2021) Pembinaan Kegiatan Keagamaan Dan Non Keagamaan Untuk Membentuk Karakter Disiplin, Kreatif, Dan Mandiri Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Alawiyah Paspan Glagah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Vina A’yuni Mawadah_ T20171333.pdf Download (6MB) |
Abstract
Vina A’yuni Mawadah, 2021: Pembinaan Kegiatan Keagamaan Dan Non Keagamaan Untuk Membentuk Karakter Disiplin, Kreatif, Dan Mandiri Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Alawiyah Paspan Glagah Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci : Karakter Disiplin, Kreatif, Mandiri, Kegiatan Keagamaan dan Non Keagamaan. Kegiatan pembinaan karakter kesiswaan merupakan kegiatan pendidikan yang dilakukan diluar jam pelajaran tatap muka. Kegiatan tersebut dilaksanakan di dalam dan di luar lingkungan sekolah dalam rangka memperluas pengetahuan, meningkatkan keterampilan, dan menginternalisasi nilai-nilai atau aturan-aturan agama serta norma-norma sosial baik lokal, nasional, maupun global untuk membentuk insan yang seutuhnya. Dengan kata lain, kegiatan pembinaan kesiswaan merupakan kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran yang ditujukan untuk membantu perkembangan peserta didik, sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewanangan di sekolah. Pendidikan di sekolah SMK Alawiyah telah menerapkan pembinaan karakter melalui rangkaian kegiatan keagamaan dan non keagamaan yang dilaksanakan disekolah. Kegiatan keagamaan di SMK Alawiyah dilaksanakan sebagai upaya pelaksanaan program sekolah yakni membentuk karakter peserta didik yang islami, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, dan menjadikan peserta didik sebagai insan yang berdaya saing serta berbudi luhur. Sedangkan kegiatan non keagamaan di SMK Alawiyah dilaksanakan sebagai upaya pelaksanaan program sekolah yakni meningkatkan sikap disiplin, kerjasama, rasa percaya diri, mandiri dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-sehari. Tujuan diterapkannya pembinaan karakter di SMK Alawiyah ini sebagai jawaban atas keresahan orang tua dan juga pendidikan secara global sebagai keberhasilan pembentukan karakter bangsa. Di SMK Alawiyah menerapkan pembiasaan sebagai cara pembinaan karakter siswa. Berdasarkan uraian tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan kegiatan keagamaan dan non keagamaan untuk membentuk karakter disiplin, kreatif dan mandiri siswa di SMK Alawiyah. Tujuan diadakannya ini adalah menyiapkan anak didik agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society) dan sebagai tolak ukur sekolah untuk melaksanakan kegiatan keagamaan dan non keagamaan dan juga mengetahui strategi yang diterapkan dalam proses pembentukan karakter siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi . Analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: proses pelaksanaan pembinaan kegiatan keagamaan dan non keagamaan untuk membentuk karakter disiplin, kreatif dan mandiri siswa di sekolah SMK Alawiyah dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan juga terstruktur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 01:38 |
Last Modified: | 19 Apr 2022 01:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3787 |
Actions (login required)
View Item |