Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5/PPRA) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo

Wahdina, Risky (2024) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5/PPRA) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI RISKY WAHDINA FIX DISTRIBUSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.
Generasi muda Indonesia di era modern saat ini semakin hari semakin mengalami perubahan dan tidak dapat terkontrol. Kehidupan di era modern menuntut implementasi nilai Pancasila untuk dapat menyesuaikan realitas perubahan, khususnya dinamika kehidupan generasi muda Indonesia. Memperhatikan pada persoalan generasi modern yang semakin hari semakin tidak terkontrol dengan baik, terlebih memperhatikan tantangan idealitas profil pelajar Pancasila yang mana generasi muda masa kini seharusnya dipersiapkan melalui pendidikan yang siap untuk menjawab tantangan zaman.
Fokus pada penelitian ini sebagai berikut. 1) Bagaimana implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin (P5/PPRA) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila/profil pelajar rahmatan lil alamin (P5/PPRA) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo?. Adapun tujuan penelitian ini sebagai berikut. 1) Untuk mendeskripsikan implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila/profil pelajar rahmatan lil alamin (P5/PPRA) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila/profil pelajar rahmatan lil alamin (P5/PPRA) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut. 1) Implementasi P5/PPRA dilaksanakan dengan cara guru mapel berkolaborasi dengan sesama guru dalam melaksanakan suatu projek, yaitu dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan topik “Kelola Sampah menjadi Berkah” 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan impelementasi P5/PPRA yaitu adanya pelatihan atau workshop dan fasilitas yang memadai, sehingga peserta didik memahami konsep Pancasila dan pelajar rahmatan lil alamin dengan mengolah sampah menjadi berguna; sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu, kurangnya koordinasi yang efektif, dan kurangnya pendampingan yang maksimal, sehingga peserta didik susah membagi waktu antara tugas sekolah dan kegiatan proyek, jadi membutuhkan waktu diluar jam sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Risky Wahdina
Date Deposited: 17 Dec 2024 02:41
Last Modified: 17 Dec 2024 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37875

Actions (login required)

View Item View Item