Pengaruh Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Kepuasan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember

Rahmah, Nailatur (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Terhadap Kepuasan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nailatur Rahmah_212101030005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Nailatur Rahmah, 2024: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu terhadap Kepuasan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepuasan Siswa, Madrasah
Tsanawiyah Negeri 1 Jember

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya madrasah yang menerapakan sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Penerapan PTSP ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan siswa. Hal tersebut kemudian mendorong peneliti untuk menggali informasi secara mendalam terkait seberapa besar pengaruhnya antara kualitas pelayanan terpadu satu pintu terhadap kepuasan siswa, khususnya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember? 2) Bagaimanakah kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember? 3) Adakah pengaruh kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terhadap kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember 2) Untuk mendeskripsikan kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember 3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terhadap kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal. Populasi meliputi seluruh siswa-siswi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember yang berjumlah 766 siswa. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 90 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS for windows version 27.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kualitas pelayanan terpadu satu pintu di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 37% yang tergolong sedang. Dari hasil tersebut masih terdapat hal yang perlu diperbaiki seperti fasilitas dan teknologi yang digunakan agar dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses pelayanan. 2) kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember secara keseluruhan memiliki nilai rata-rata 48% yang tergolong sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa sekolah belum bisa memenuhi harapan siswa, sehingga diharapkan dapat terus melalukan evaluasi sehingga bisa membantu memenuhi harapannya. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terpadu satu pintu terhadap kepuasan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Hal ini dibuktikan dengan uji t dengan hasil nilai t hitung 9,753 > t tabel 1,991 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh sebesar 51,9% dan 48,1% lainnya yang mempengaruhi kepuasan siswa berasal dari faktor lain diluar variabel ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Nailatur Rahmah
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:05
Last Modified: 17 Dec 2024 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37880

Actions (login required)

View Item View Item