Pengembangan Motorik Halus Anak dengan Kegiatan Menggunting Kertas melalui Metode Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelompok A PAUD Darul Fikr Jember

NUZAR YANI, - (2021) Pengembangan Motorik Halus Anak dengan Kegiatan Menggunting Kertas melalui Metode Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelompok A PAUD Darul Fikr Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

[img] Text
Nuzar Yani_T20165002.pdf

Download (8MB)

Abstract

Nuzar Yani, 2020: Pengembangan Motorik Halus Anak dengan Kegiatan Menggunting Kertas melalui Metode Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelompok A PAUD Darul Fikr Jember. Kata kunci: motorik halus anak, kegiatan menggunting kertas, metode pembelajaran daring, masa pandemi Covid-19 Anak usia dini terlibat secara aktif dalam aktifitas fisik motorik, yang ditandai dengan motivasi dan kesiapan yang tinggi. Oleh karnanya orang tua dan guru perlu memberikan berbagai kesempatan dan pengalaman yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini secara optimal. Akan tetapi akibat pandemi ini sekolah-sekolah tidak ada kegiatan pembelajaran tatap muka. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran covid-19. Namun demikian kegiatan menggunting tetap dilakukan dengan metode pembelajaran daring (dalam jaringan). Pembelajaran daring itu sendiri merupakan sebuah pembelajaran yang dilakukan melalui media berupa internet dan alat penunjang lainnya seperti telepon seluler dan komputer. Fokus penelitian ini adalah: 1), bagaimana perencanaan metode pembelajaran daring dalam mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan menggunting kertas di kelompok A pada masa pandemi covid-19 PAUD Darul Fikr?, 2), bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran daring dalam mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan menggunting kertas di kelompok A pada masa pandemi covid-19 PAUD Darul Fikr?, 3), bagaimana evaluasi metode pembelajaran daring dalam mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan menggunting kertas di kelompok A pada masa pandemi covid-19 PAUD Darul Fikr? Dengan tujuan 1), mendeskripsikan perencanaan metode pembelajaran daring dalam mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan menggunting kertas di kelompok A pada masa pandemi covid-19 PAUD Darul Fikr. 2), mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran daring dalam mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan menggunting kertas di kelompok A pada masa pandemi covid-19 PAUD Darul Fikr. 3), mendeskripsikan evaluasi metode pembelajaran daring dalam mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan menggunting kertas dikelompok A pada masa pandemi covid-19 PAUD Darul Fikr. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi lapangan. Lokasi penelitian ini di PAUD Darul Fikr Talangsari Jember tahun 2020. Dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan September 2020. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1), Perencanaan metode pembelajaran daring dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menggunting kertas di kelompok A pada masa pandemi Covid-19 PAUD Darul Fikr Jember diawali dengan penyususnan perangkat kerja yang meliputi: PROTA, PROSEM, dan RPPM. Selanjutnya yaitu penyusunan RPPH dan jadwal pembelajaran tentang tema dan meteri yang akan digunakan ketika proses pembelajaran berlangsung. 2), Pelaksanaan metode pembelajaran daring dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menggunting kertas di kelompok A pada masa pandemi Covid-19 PAUD Darul Fikr Jember diawali dengan membuka pembelajaran dengan menyapa dan mengabsen peserta didik, kemudia penyampaian materi pembelajaran tentang tema dan kegiatan yang sudah direncanakan di RPPH, dan menuntup pembelajaran dengan memberikan respon dan motivasi kepada peserta didik yang telah menyelesaikan tugas yang diberikan.. 3), Evaluasi metode pembelajaran daring dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menggunting kertas di kelompok A pada masa pandemi Covid-19 PAUD Darul Fikr Jember dengan menggunakan instrumen tes dan non tes. Pada tahap evaluasi oarang tua memfoto atau video pembelajaran yang dilakukan anak dan mengumpulkan kepada wali kelas melalui chat whatsapp dan guru memberikn respon positif terhadap hasil karya anak. Guru juga melakukan penilaian dengan video call anak untuk mengetahui perkembangan anak. Serta membuat laporan penilaian perkembangan anak pada akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:39
Last Modified: 19 Apr 2022 01:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3789

Actions (login required)

View Item View Item