Otimalisasi Customer Experience Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Provider Wifii Angnet

safaatul karim, A yusuf (2024) Otimalisasi Customer Experience Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Provider Wifii Angnet. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam : Ekonomi syariah.

[img] Text
SKRIPSI_YUSUF SYAFA'ATUL KARIM- FIX.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
A Yusuf Safaatul Karim, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, M.Si 2024:
Optimalisasi Customer Experience Management Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Provider Wi-Fi Angnet
Dalam era persaingan bisnis jaringan wifi yang semakin ketat akibat meningkatnya kebutuhan akan internet, perusahaan dituntut untuk mempertahankan eksistensinya dengan membangun dan menjaga loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan tercermin dari pembelian berulang, rekomendasi kepada orang lain, dan kekebalan terhadap daya tarik produk pesaing. Karakteristik pelanggan loyal, seperti kepercayaan diri pada pilihan dan preferensi terhadap merek yang sama, menjadi dasar penting dalam upaya ini. Untuk meningkatkan loyalitas, perusahaan harus fokus pada kualitas pelayanan dengan indikator seperti tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Selain itu, menciptakan customer experience yang positif melalui interaksi langsung atau tidak langsung menjadi strategi kunci.
Fokus penelitian ini pada strategi pemasaran Customer Experience Management (CEM) dalam meningkatkan loyalitas pelanggan provider WiFi Angnet. Dengan semakin ketatnya persaingan di industri penyedia layanan internet, penting bagi perusahaan untuk memahami dan meningkatkan pengalaman pelanggan agar dapat mempertahankan dan menarik pelanggan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan CEM terhadap loyalitas pelanggan serta efektivitas strategi pemasaran yang digunakan oleh provider WiFi Angnet.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran arah penelitian dengan mengacu pada permasalahan yang diangkat, yaitu menganalisis penerapan strategi pemasaran Customer Experience Management (CEM) terhadap loyalitas pelanggan provider WiFi Angnet serta mengidentifikasi dampak optimalisasi CEM dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.
Penelitian ini menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CEM di Angnet melibatkan beberapa aspek penting, seperti personalisasi layanan, kecepatan respons terhadap keluhan, dan inovasi berkelanjutan pada produk. Strategi ini terbukti meningkatkan pengalaman positif pelanggan, yang berujung pada peningkatan loyalitas.
Kata Kunci: Customer Experience Management, Loyalitas Pelanggan, Optimalisasi, Wi-Fi Angnet, Strategi Layanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: A Yusuf Safaatul karim
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:38
Last Modified: 17 Dec 2024 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37891

Actions (login required)

View Item View Item