Rochmiyatun, Vera (2024) Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine Interaktif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Qomar Giri Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Vera Rochmiyatun 2_Sudah Edit.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (27MB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Magazine Interaktif, Pelajaran IPAS
Penggunaan media pembelajaran perlu diperhatikan dalam proses belajar mengajar agar pembelajaran menjadi lebih aktif dan maksimal. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDIT Al-Qomar, didapat problematika yang dihadapi yaitu guru mengalami kesulitan membuat mereka fokus pada pelajaran. pada saat pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran siswa sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Namun media pembelajaran yang tersedia masih terbatas. Ketidakcukupan media pembelajaran yang tersedia mengakibatkan peserta didik kehilangan motivasi belajar, menjadi cepat bosan dan kesulitan memahami materi pelajaran. Sehingga solusi yang ditawarkan tak lain yaitu mengembangkan media pembelajaran E-magazine untuk menambah semangat dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan dan mengetahui proses pengembangan media pembelajaran E-Magazine interaktif pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V di SDIT Al-Qomar Giri Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan dan mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran E-Magazine interaktif pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V di SDIT Al-Qomar Giri Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau sering dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data mencakup wawawncara, lembar angket, pretest dan posttest. Untuk mengetahui tingkat keefektifan menggunakan peritungan N-Gain Score.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran E-Magazine interaktif yang berisi materi ekosistem dan memuat gambar-gambar menarik, video pembelajaran, dan quizz pembelajaran. Secara keseluruhan analisis dari para ahli media pembelajaran E-Magazine interaktif ini menunjukkan presentase sebesar 94,2% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. 2) Data uji coba Data uji coba didapatkan dari pretest dan posttest berdasarkan perhitungan N-Gain Score, dengan peningkatan presentase hasil keseluruhan sebesar 69,27% dengan kategori efektif. Data uji coba juga didapatkan dari angket respon peserta didik, dimana berdasarkan dari angket yang diberikan mendapatkan presentase sebesar 92,7%. Sehingga dengan adanya data-data tersebut media pembelajaran E-Magazine interaktif dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Vera Rochmiyatun |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 04:16 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 04:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37895 |
Actions (login required)
View Item |