Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII Mts Unggulan Al-qodiri 1 Jember

Alfin Berliansya, Maulana (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII Mts Unggulan Al-qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maulana Alfin Berliansyah_205101100012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Maulana Alfin Berliansyah, 2024: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (Sac) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII Mts Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Smart Apps Creator, Pencemaran Lingkungan, Hasil Belajar.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan, yang disebabkan oleh pembelajaran yang kurang menarik dan tidak variatif. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penggunaan media pembelajaran yang lebih inovatif, seperti media Smart Apps Creator (SAC). Smart Apps Creator (SAC) diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator (SAC) pada materi pencemaran lingkungan di kelas VII MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, dan (2) Mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator (SAC) terhadap hasil belajar pada materi tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experiment dan desain nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dengan sampel terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan media Smart Apps Creator (SAC) dan kelas kontrol yang menggunakan media slide power point pembelajaran. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, dan dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media Smart Apps Creator (SAC) pada materi pencemaran lingkungan melibatkan pembagian kelompok, diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi, dan soal terkait topik yang dipelajari. (2) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan media Smart Apps Creator (SAC) terhadap hasil belajar, yang dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney dengan nilai signifikansi 0,245 > 0,05 pada uji pretest dan 0,038 < 0,05 pada uji posttest, yang berarti Ha ditolak dan H0 diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Smart Apps Creator (SAC) dan media slide power point pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050204 Environmental Impact Assessment
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Maulana Alfin Berliansyah
Date Deposited: 17 Dec 2024 04:19
Last Modified: 17 Dec 2024 04:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37901

Actions (login required)

View Item View Item