Alfin Nur W.S, Edent (2024) Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
Edent Alfin Nur W.S_T20193148.pdf Download (17MB) |
Abstract
Kata kunci : Manajemen, Pelayanan Terpadu Sartu Pintu
Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan salah satu inovasi penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. PTSP bertujuan untuk menjalankan prosedur administrasi, mengurangi birokrasi yang berbelit, serta meminimalisir potensi yang diotorisasi. Dalam konteks pendidikan, penerapan PTSP sangat penting untuk memastikan pelayanan kepada siswa, orang tua, dan masyarakat umum berjalan dengan cepat, transparan, dan akuntabel. Konsep ini memungkinkan pemohon untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi di satu lokasi, sehingga waktu dan tenaga dapat dihemat secara optimal.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana perencanaan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso? 2). Bagaimana Pengorganisasian Pelaksanaan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso 3). Bagaimana Pelaksanaan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso? 4). Bagaimana Evaluasi Tepadu Satu Pintu di MTsN 2 Bonowoso?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1). Mendeskripsikan perencanaan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso? 2). Mendeskripsikan Pengorganisasian Pelaksanaan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso 3). Mendeskripsikan Pelaksanaan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso? 4). Mendeskripsikan Evaluasi Tepadu Satu Pintu di MTsN 2 Bonowoso?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis kualitatif model interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan : Kepala madrasah menetapkan kebijakan melalui Surat Keputusan, didukung kepala TU yang menyusun SOP sebagai pedoman kerja. 2) Pengorganisasian : Pelayanan PTSP mencakup: a) Lisan : Informasi disampaikan langsung dengan ramah dan jelas. b) Tulisan: mengelola dokumen resmi dibuat tertib dan akurat. c) Perbuatan : Petugas melayani pemohon dengan ramah, empatik, dan profesional secara adil. 3) Pelaksanaan : Penerapan aplikasi Srikandi meningkatkan efisiensi koordinasi, pengarsipan, dan pemantauan layanan secara real-time sesuai SOP. 4) Evaluasi : Evaluasi awalnya menggunakan kotak saran manual, kemudian beralih ke layanan pengaduan online melalui Srikandi, yang meningkatkan transparansi dan pemantauan layanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Edent alfin Nur w.s |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 08:49 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 08:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37905 |
Actions (login required)
View Item |