Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Berbasis Google Form pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021.

Rika Febriani, - (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Berbasis Google Form pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Rika Febriani_T20178079.pdf

Download (11MB)

Abstract

Rika Febriani, 2021: Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains Berbasis Google Form pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas XI IPA di MAN Bondowoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: instrumen penilaian, literasi sains, google form, sistem peredaran darah Berdasarkan hasil analisis kebutuhan guru pelajaran biologi di MAN Bondowoso, dalam proses pembelajaran sudah memuat aspek literasi sains namun instrumen penilaian berupa soal tes yang digunakan belum memuat aspek literasi sains secara khusus. Soal-soal yang digunakan lebih banyak diambil dari LKS, buku paket dan bank soal dengan rata-rata level kognitifnya berada pada CI sampai C3. Sehingga guru menyatakan perlu untuk dilakukan pengembangan instrumen penilaian literasi sains. Selain itu, berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa kelas XI IPA MAN Bondowoso sebesar 95,9% siswa menyatakan lebih paham dan tertarik jika membaca soal biologi disertai dengan gambar, grafik maupun wacana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pengembangan instrumen penilaian literasi sains berbasis google form pada materi sistem peredaran darah, 2) Mendeskripsikan kevalidan instrumen penilaian literasi sains berbasis google form pada materi sistem peredaran darah dan 3) Mendeskripsikan kepraktisan instrumen penilaian literasi sains berbasis google form pada materi sistem peredaran darah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang dimodifikasi. Produk diuji cobakan pada 12 siswa kelas XI IPA MAN Bondowoso. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik perhitungan persentase dan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Instrumen penilaian literasi sains berbasis google form telah berhasil dikembangkan dengan model ADDIE yang dimodifikasi melalui tiga tahapan yaitu analysis (hasil analisis kinerja dan kebutuhan kepada guru dan siswa menyatakan perlu untuk dikembangkan instrumen penilaian literasi sains), design (memilih layanan online tes literasi sains yakni google form dan merancang kisi-kisi soal) dan development (membuat soal tes literasi sains berbasis google form, validasi produk kepada empat validator dan ujicoba skala terbatas kepada 12 siswa). 2) Kevalidan instrumen penilaian diperoleh hasil dari ahli materi sebesar 90,78% dengan kategori “sangat valid”, ahli evaluasi sebesar 95,58% dengan kategori “sangat valid”, ahli bahasa sebesar 92,85% dengan kategori “sangat valid” dan guru sebesar 97,22% dengan kategori “sangat valid”. 3) Uji kepraktisan instrumen penilaian melalui respon siswa skala terbatas diperoleh hasil sebesar 90,46% dengan kategori “sangat praktis”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:46
Last Modified: 21 Mar 2022 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3792

Actions (login required)

View Item View Item