Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024

Aniah, Raudatul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Raudatul Aniah_T20198147.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang perlu
dikembangkan dan dibentuk dalam diri siswa. Siswa yang memiliki keterampilan
berpikir kritis akan dapat mencari, memahami, dan mengevaluasi setiap
pernyataan dengan menganalisis hal yang penting dan masuk akal dalam proses
pemecahan masalah. Keterampilan lain yang diperlukan untuk meningkatkan
potensi dalam diri siswa yaitu kinerja ilmiah.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol sebelum & setelah dibelajarkan menggunakan metode
konvensional dan kelas eksperimen sebelum & setelah dibelajarkan menggunkan
model pembelajaran inkuiri pada materi sistem peredaran darah kelas XI IPA di
SMAN 1 Tenggarang Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan kemampuan
kinerja ilmiah siswa kelas kontrol sebelum & setelah dibelajarkan menggunakan
metode konvensional dan kelas eksperimen sebelum & setelah dibelajarkan
menggunkan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem peredaran darah kelas
XI IPA di SMAN 1 Tenggarang Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Mengetahui
perbedaan penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir
kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tenggarang Tahun Pelajaran 2023/2024. 4) Mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kinerja
ilmiah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Tenggarang Tahun Pelajaran 2023/2024.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi
Experiment dengan bentuk penelitian eksperimen Nonequivalent Group Pretest
Posttest Design. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas
kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah total kedua
sampel yaitu 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan sampel menggunakan tes, observasi, dan
dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji T (Independent Samples T-Test).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan data keterampilan
berpikir kritis siswa, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 72,91 dan kelas
kontrol memperoleh nilai rata- 44,08. 2) Kinerja ilmiah siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 80,41 dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata
sebesar 66,94. 3) Terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran inkuiri
terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem peredaran darah kelas
XI IPA SMAN 1 Tenggarang Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan nilai sig sebesar
0,000. 4) Terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran inkuiri terhadap
kinerja ilmiah siswa pada materi sistem peredaran darah kelas XI IPA SMAN 1
Tenggarang Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan nilai sig sebesar 0,000.

Kata kunci: Pembelajaran inkuiri, keterampilan berpikir kritis, kinerja ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Miss Raudatul Aniah
Date Deposited: 18 Dec 2024 02:33
Last Modified: 18 Dec 2024 02:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37932

Actions (login required)

View Item View Item