Habibah Musyarofah Rahman, Wulidal (2024) PEMBIASAAN MEMBACA BUKU ASMAUL HUSNA UNTUK MENANAMKAN NILAI KEISLAMAN PADA KELOMPOK B DI SPS ASTER 51 MANGLI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
SKRIPSI Wulidal habibah M.R_REVISI FIKS_BISMILLAH.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembiasaan membaca buku Asmaul Husna merupakan proses atau
kegiatan mengajarkan, melatih anak agar selalu kosisten dalam membiasakan membaca buku Asmaul Husna terutama pada peserta didik usia dini, sehingga anak memiliki daya ingat dan rekaman yang kuat yang mana notabenya kebiasaan ini harus dilakukan sejak dini agar nantinya para siswa-siswi keompok B di SPS Aster 51 Mangli Jember dapat menerapkannnya dalam kehidupan sehari-hari.Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembiasaan membaca buku Asmaul Husna untuk menanamkan nilai keislaman pada kelompok B di SPS Aster 51 Mangli Jember? 2) Bagaimana faktor pendukung & penghambat pembiasaanmembaca buku Asmaul Husna untuk menanamkan nilai keislaman pada kelompok B di SPS Aster 51 Mangli Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pembiasaan membaca buku Asmaul Husna untuk menanamkan nilai keislaman pada kelompok B di SPS Aster 51 Mangli Jember. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung & penghambat pembiasaan membaca buku Asmaul Husna untuk menanamkan nilain keislaman pada kelompok B di SPS Aster 51 Mangli Jember.
Metode penlitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatf dan jenis pnelitian lapangan ( field research) Lokasi penelitian ini di SPS Aster 51 Mangli Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif sesuai teori Miles, Huberman Saldana yaitu: kordensasi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Triangulasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1). Penerapan membaca buku asmaul husna untuk menanamkan nilai-nilai keislaman pada kelompok B di SPS Aster 51
Mangli Jember dapat berjaan dengan baik dalam penerapan membaca buku asmaul husna ini pendidik harus menyiapkan buku pedoman terlebih dahulu sebagai penunjang dalam kegiatan membaca asmaul husna yang dilaksanakan setiap pagi. 2). Faktor pendukung dan faktor penghambat Pembiasaan membaca buku Asmaul Husna untuk menanamkan nilai keislaman pada kelompok B di SPS Aster 51 Mangli Jember yakni: a). Faktor Pendukung yakni pendidik memiiki Kualifikasi yang linier, serta memiliki sumber daya fasilitas yang memadai,
sedangkan b). faktor penghambatnya adalah kegiatan Membaca buku asmaul husna yang terlalu monoton/duduk, selain itu juga kurangnya minat baca sehingga menjadikan anak-anak kesulitan membaca, namun lambat laun harapannya dari kegiatan ini adalah anak-anak akan terbiasa membaca buku asmaul husna untuk menanamkan nilain keislaman dalam diri mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Wulidal Habibah Musyarofah Rahman |
Date Deposited: | 17 Dec 2024 07:37 |
Last Modified: | 17 Dec 2024 07:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37937 |
Actions (login required)
View Item |