Mendeskripsikan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Menemukan Ide Pokok untuk Menulis Karangan Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah

Muhtar, Arifin (2020) Mendeskripsikan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Menemukan Ide Pokok untuk Menulis Karangan Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Muhtar Arifin_T20164073.pdf

Download (10MB)

Abstract

Muhtar arifin, 2020: Mendeskripsikan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Menemukan Ide Pokok untuk Menulis Karangan Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Kata kunci : Keterampilan Menulis, Karangan, dan Media Gambar. Menulis merupakan kegiatan produksi pelajaran Bahasa Indonesia yang bersifat menyampaikan informasi. Dengan menulis seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk mencapai maksud dan tujuannya . Akan tetapi, masalah yang terjadi pada siswa sulit dalam menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulisan. Banyak siswa yang sulit menemukan ide dalam tulisannya. Oleh sebab itu kemampuan menulis siswa harus dilatih dengan latihan-latihan menulis secara berkala dan Agar kemampuan menulis siswa meningkat, maka salah satu langkah guru adalah implementasi media gambar dalam proses pembelajaran khususnya menulis karangan deskripsi untuk siswa. Fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) Bagaimana perencanaan mendeskrpsikan media gambar dalam meningkatkan menulis karangan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah?, (2) Bagaimana pelaksanaan mendeskrpsikan media gambar dalam meningkatkan menulis karangan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah ?, (3) Bagaimana evaluasi mendeskripsikan media gambar dalam meningkatkan menulis siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah? Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan perencanaan media gambar dalam meningkatkan menulis karangan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan media gambar dalam meningkatkan menulis karangan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah, (3) Mendeskripsikan evaluasi media gambar dalam meningkatkan menulis siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (a) Perencanaan mendeskripsikan media gambar dalam meningkatkan menulis karangan siswa kelas v di Madrasah Ibtidaiyah adalah pada tahap awal guru mempersiapkan materi pembelajaran yang dikemas dalam RPP, selanjutnya guru menentukan media gambar sebagai bahan untuk menulis karangan pada proses pembelajaran, (b) Pelaksanaan mendeskripsikan media gambar dalam meningkatkan menulis karangan siswa kelas v di Madrasah Ibtidaiyah pada tahap awal guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai, lalu guru memberikan sebuah media gambar untuk tugas siswa dalam menulis karangan deskripsi selama waktu yang ditentukan, (c) Evaluasi mendeskripsikan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas v di Madrasah Ibtidaiyah guru untuk memperbaiki cara atau metode dalam penggunaan media gambar. Selain itu guru dapat melihat kekurangan media gambar, metode pembelajarannya sebagai perbaikan diri untuk mengurangi kesalahan mengajar dalam pembelajaran yang akan datang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:55
Last Modified: 19 Apr 2022 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3794

Actions (login required)

View Item View Item