Pemanfaatan Canva untuk Pembuatan Poster pada Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember

Ila Dalilah, Farhah (2024) Pemanfaatan Canva untuk Pembuatan Poster pada Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ila Dalilah Farhah_204101010044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pemanfaatan Canva di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember sudah diperkenalkan kepada peserta didiknya sejak masa orientasi siswa mengenai penggunaan teknologi terutama Canva untuk alat mendesain poster sebagai bagian dari proses belajar. Penggunaan media poster tidak selalu cocok dengan semua materi pembelajaran. Salah satu materi yang cocok yaitu “Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup”, dimana aplikasi Canva digunakan untuk membuat poster oleh peserta didik sebagai ajakan mencintai Al-Qur’an dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami peserta didik.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana pemanfaatan Canva untuk pembuatan poster pada siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti? 2) Apa motif peserta didik memanfaatkan aplikasi Canva untuk pembuatan poster pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember?. Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan Canva untuk pembuatan poster pada siswa kelas VII. 2). Untuk mendeskripsikan motif peserta didik memanfaatkan aplikasi Canva untuk pembuatan poster pada siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai fenomena terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data diperoleh dengan menggunakan teknik Miles, Huberman, dan Saldana. Dan untuk membuktikan keabsahan data diperoleh dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini: 1) Pemanfaatan Canva untuk pembuatan poster oleh peserta didik kelas VII sebagian mendesain poster dengan menggunakan template yang sudah tesedia di Canva dan memodifikasinya, sebagian juga ada yang membuat poster tanpa menggunakan template tetapi mendesainnya dari awal. Setelah mendesain, peserta didik mengunduh hasil desain poster dengan format JPG. Tahap akhir, peserta didik mengumpulkan hasil poster di Google Drive. 2) Guru tidak mewajibkan peserta didik menggunakan Canva untuk membuat poster. 3) Motif kelima peserta didik memilih Canva untuk pembuatan poster karena Canva mempermudah peserta didik dalam mendesain poster dan merupakan tindakan rasionalitas intrumental (zweckrationalitat). Kebaruan penelitian ini yaitu mengenai motif peserta didik memilih Canva untuk pembuatan poster yang belum dibahas sebelumnya, sehingga penelitian ini berkontribusi mengisi ruang kosong atau tidak adanya riset mengenai motif peserta didik kelas VII memilih Canva untuk pembuatan poster pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember.
Kata Kunci: Pemanfaatan Canva, Pembuatan Poster, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100603 Logic Design
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms Ila Dalilah Farhah
Date Deposited: 18 Dec 2024 01:34
Last Modified: 18 Dec 2024 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37952

Actions (login required)

View Item View Item