Choirun Nisa', Nanda (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flipbook Berbasis Heyzine Pada Pembelajaran IPA Kelas IV MI Islamiyah Pengatigan Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Nanda Choirun Nisa’_205101040008 (SKRIPSI).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Flipbook Berbasis Heyzine, Flipbook Berbasis Heyzine
Pada penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif ini, peneliti memilih pembelajaran IPA materi daur hidup hewan. Media pembelajaran interaktif ini dibuat sebagai alat bantu bagi pendidik dalam memberikan materi saat proses pembelajaran. Pada proses pembelajaran IPA di MI Islamiyah Kabupaten Banyuwangi peserta didik kurang konsentrasi dan kurang tertarik dalam belajar. Adapun pengembangan media pembelajaran interaktif flipbook berbasis heyzine adalah media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam belajar. Media ini dibuat dengan menarik agar meningkatkan ketertarikan dan keaktifan peserta didik dalam mempelajari materi.
Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana kevalidan pengembangan media pembelajaran interaktif flipbook berbasis heyzine pada peserta didik kelas IV MI Islamiyah Pengatigan Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana kepraktisan pengembangan media pembelajaran interaktif flipbook berbasis heyzine pada peserta didik kelas IV MI Islamiyah Pengatigan Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui kevalidan pengembangan media pembelajaran interaktif flipbook berbasis heyzine pada peserta didik kelas IV MI Islamiyah Pengatigan Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan dan mengetahui kepraktisan pengembangan media pembelajaran interaktif flipbook berbasis heyzine pada peserta didik kelas IV MI Islamiyah Pengatigan Kabupaten Banyuwangi.
Metode penelitian ini yaitu Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) model ADDIE terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Pengembangan media ini divalidasi oleh 3 validator yaitu validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa.
Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Flipbook berbasis heyzine dikategorikan valid digunakan dalam proses pembelajaran IPA materi daur hidup hewan. Berdasarkan hasil perolehan validasi ahli media 75% dengan kategori valid, validasi ahli materi 76,66% dengan kategori valid, dan validasi ahli bahasa 93,33% dengan kategori sangat valid 2) Flipbook berbasis heyzine juga dikategorikan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPA materi daur hidup hewan. Berdasarkan hasil perolehan dari respon peserta didik 81,9% dengan kategori valid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nanda Choirun Nisa' |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 02:42 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 02:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37959 |
Actions (login required)
View Item |