Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Pendidikan Lingkungan di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember.

PUTRI IMANI, - (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Pendidikan Lingkungan di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Putri Imani_T20171101.pdf

Download (1MB)

Abstract

viii ABSTRAK Putri Imani, 2021: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penanaman Pendidikan Lingkungan di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember. Kata Kunci : Peran Guru PAI, Pendidikan Lingkungan. Peserta didik yang baru masuk bangku SMAN 5 Jember memiliki karakter peduli lingkungan yang minim karena dilatar belakangi kondisi lingkungan pendidikan yang berbeda, untuk itu pendidikan lingkungan diajarkan guna untuk membentuk peserta didik yang peduli lingkungan. SMAN 5 Jember merupakan sekolah adiwiyata mandiri tingkat nasional sejak tahun 2010 setiap warga sekolah memiliki peran untuk menjaga lingkungannya termasuk guru PAI yang berperan dalam penanaman pendidikan lingkungan melalui proses belajar mengajar serta kegiatan disekolah. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam peneliatan ini diantaranya adalah, (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai demonstator dalam penanaman pendidikan lingkungan? (2) Bagaiamana peran guru PAI sebagai mediator dalam penanaman pendidikan lingkungan? (3) bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam penanaman pendidikan lingkungan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: peran guru pai sebagai demonstator, mediator, evaluator dalam penanama pendidikan lingkungan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan pemilihan subjek ini menggunakan purposive dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah model Miles, Huberman and saldana. Langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) Peran guru PAI sebagai demonstator dalam penanaman pendidikan lingkungan yaitu guru sebagai teladan baik dalam penanaman pendidikan lingkungan yang dilaksanakan melalui integrasi materi PAI dengan KD terkait serta implementasi pendidikan tauhid dan juga dilaksanakan melalui kegiatan pramuka lingkungan hidup melalui kegiatan ecopreanour. (2) Peran guru PAI sebagai mediator dalam penanaman pendidikan lingkungan yaitu guru sebagai sarana dalam pencapaian tujuan pembelajaran melalui media yang digunakan agar informasi dapat dipahami dengan baik. Media yang digunakan mencakup google classroom, PPT, buku penunjang, buku bacaan terkait lingungan di perpustakaan, pojok literasi siswa, taman didepan kelas, tempat cuci tangan, alat pembuat kompos. (3) peran guru PAI sevagai evaluator dalam penanaman pendidikan lingkungan yaitu guru yang melaksanakan kegiatan penilaian sebagai tolak ukur hasil belajar siswa. Evaluasi yang digunakan jenis tes tulis menggunakan google form dan penilaian observasi peserta didik dilingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:56
Last Modified: 19 Apr 2022 01:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3796

Actions (login required)

View Item View Item