Pendidikan Karakter Religius Berbasis Spiritual training; Studi Lapangan di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi

TRIANA LESTARI, - (2021) Pendidikan Karakter Religius Berbasis Spiritual training; Studi Lapangan di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
TRIANA LESTARI_T20171279.pdf

Download (3MB)

Abstract

Triana Lestari, 2021: Pendidikan Karakter Religius Berbasis Spiritual training; Studi Lapangan di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi Kata Kunci: pendidikan karakter, karakter religius, spiritual training Dekadensi moral para remaja di era globalisasi sudah tidak bisa dihindari lagi, segala permasalahan pelik menjerat hampir seluruh remaja yang ada di Indonesia. Lembaga pendidikan diharapkan mampu mengarahkan peserta didik untuk memiliki akhlak atau perilaku yang baik sesuai keinginan dan kebutuhan masyarakat, khususnya melalui pendidikan agamanya. Maka dari itu, SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) menyelenggarakan program kegiatan bernama spiritual training dalam upaya menanamkan, membentuk dan menguatkan karakter religius peserta didik. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep pendidikan karakter religius berbasis spiritual training di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi? 2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius berbasis spiritual training di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi? Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) Mendeskripsikan konsep pendidikan karakter religius berbasis spiritual training di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi 2) Mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius berbasis spiritual training di SMP Alam BIS (Banyuwangi Islamic School) Genteng Banyuwangi. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipasi moderat, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Konsep yang digunakan pada proses pendidikan karakter religius berbasis spiritual training di SMP Alam BIS Genteng Banyuwangi mengacu pada konsep Ary Ginanjar Agustian yaitu the ESQ Way 165 yang merupakan 1 ihsan adalah proses penjernihan emosi, 6 rukun iman adalah proses pembangunan mental dan 5 rukun islam adalah proses membentuk ketangguhan pribadi. 2) Implementasi pendidikan karakter religius berbasis spiritual training di SMP Alam BIS Genteng Banyuwangi merupakan implementasi dari konsep the ESQ Way 165 yang dilakukan melalui zero mind process atau penjernihan emosi pada saat training spiritual dengan cara peserta didik diajak ke alam bawah sadar kemudian konsep mental building atau pembangunan mental dan personal strength atau ketangguhan pribadi diimplementasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan program spiritual training harian, mingguan dan bulanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 19 Apr 2022 02:03
Last Modified: 19 Apr 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3797

Actions (login required)

View Item View Item