Lestari, Marta Dwi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Rumah Belajar Ajaib (RUBA) Materi Bilangan Cacah Kelas I Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
Marta Dwi Lestari_212101040024. pdf.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media, Rumah Belajar Ajaib (RUBA), Bilangan Cacah.
Pemilihan media pembelajaran harus disesuaikan dengn perkembangan zaman dan karateristik peserta didik, agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan mencapai hasil yang maksimal. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan, ditemukan bahwa proses pembelajaran di kelas I terkendala oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru, yang hanya mengandalkan buku dan papan tulis. Hal ini mengakibatkan siswa merasa bosan, mengantuk, dan kesulitan memahami materi matematika, khususnya pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah. Oleh karena itu, diperlukan media yang lebih menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. RUBA, yang berbentuk rumah edukatif terbuat dari triplek, dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan menyenangkan bagi siswa. Media ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematika dengan lebih efektif dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Penelitian ini akan mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas penggunaan RUBA dalam proses pembelajaran di MIN 3 Jember untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
Penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana validitas media pembelajaran Rumah Belajar Ajaib (RUBA) materi bilangan cacah kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 jember? (2) Bagaimaman efektifitas media Rumah Belajar Ajaib (RUBA) materi bilangan cacah kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui validitas pengembangan media pembelajaran Rumah Belajar Ajaib (RUBA) materi bilangan cacah kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 jember (2) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran Rumah Belajar Ajaib (RUBA) materi bilangan cacah kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember.
Pengembangan media pembelajaran Rumah Belajar Ajaib (RUBA) menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah Hasil kelayakan media pembelajaran Rumah Belajar Ajaib (RUBA) Materi Bilangan Cacah Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember yakni uji validasi ahli media 97,5%, uji validasi ahli materi 90% dan uji validasi ahli pembelajaran 98,9% yang berarti masuk kaetgori sangat layak untuk diuji cobakan. Hasil dari analisis keefektifan peserta didik melalui pre-test dan post-test sebesar 79% dengan menggunakan analisis N-Gain Score yang tergolong dalam kategori efektif.
Actions (login required)
View Item |