Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember.

Puspitasari, Khoirunnisa Harum (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirunnisa Harum puspitasari_202101040025.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang seringkali disebabkan oleh kurangnya daya tarik media pembelajaran yang digunakan, berdasarkan teori pembelajaran kognitif Mayer (2009), penggunaan media yang interaktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan mendukung pemahaman materi. Penelitian sebelumnya oleh Purwanto, Cahyaningrum, dan Fera (2020) menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot pada mata pelajaran geografi dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, oleh karena itu peneliti ingin menguji apakah media kahoot berpengaruh jika digunakan dikelas v pada mata pelajaran matematika MIN 2 Jember.
Rumusan Masalah penelitian ini adalah 1. Bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan media Kahoot pada mata pelajaran Matematika? 2. Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan media Kahoot pada mata pelajaran Matematika? 3. Apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika?
Tujuan Penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media Kahoot. 2. Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan media Kahoot. 3. Mengetahui pengaruh penggunaan media Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.
Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 53 siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Kahoot dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media Kahoot. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan uji Mann-Whitney untuk menguji perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol, serta uji Wilcoxon untuk menguji perbedaan dalam kelompok eksperimen.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1.Kesamaan Kemampuan Awal dihitung menggunakan Uji Mann-Whitney menunjukkan nilai signifikansi 0,186 (p > 0,05), sehingga H₀ diterima. Tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen (pretest = 67,2) dan kontrol (pretest = 63,2). 2.Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Kahoot ditunjukkan melalui hasil belajar kelompok eksperimen yang meningkat signifikan (p = 0,001). Rata-rata skor posttest untuk eksperimen adalah 83,9, meningkat dari 67,6 pada pretest.
3.Pengaruh Signifikan Kahoot dihitung menggunakan Uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan antara skor posttest kelompok eksperimen (83,9) dan kontrol (70) dengan p = 0,001. Yang menunjukkan bahwa Kahoot secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mis Khoirunnisa Harum Puspitasari
Date Deposited: 18 Dec 2024 03:58
Last Modified: 18 Dec 2024 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37976

Actions (login required)

View Item View Item