Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMP 01 Islam Jember Tahun 2020/2021

IMAM BADRUDIN, - (2021) Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMP 01 Islam Jember Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Imam Badrudin_084 141 190.pdf

Download (1MB)

Abstract

Imam Badrudin, 2021: Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMP 01 Islam Jember Tahun 2020/2021. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang kurang antusias terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta masih mengutamakan hasil dari aspek kognitif saja. Seharusnya lebih mengutamakan hasil pembelajaran pada suatu praktek atau perubahan sikap pada peserta didik terhadap lingkungan kehidupan sehari-hari. Sebagai solusi dari permasalahn tersesbut adalah dengan menggunakan metode discovery learning. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana tujuan penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas IX di SMP 1 Islam Jember? (2) Bagaimana materi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan metode discovery learning? (3) Bagaimana langkah-langkah metode discovery learning dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti? (4) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan metode discovery learning? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan tujuan penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti (2) Mendeskripsikan materi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan metode discovery learning (3) Mendeskripsikan langkah-langkah metode discovery learning dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti (4) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan metode discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu, (1) tujuan penerapan metode discovery learning dalam pembelajaran PAI dan budi pekerti kelas IX di SMP 01 Islam Jember yaitu dapat: Pertama, meningkatkan keaktifan siswa. Kedua, menjadikan siswa berfikir kreatif dalam mempresentasikan hasil diskusi dengan teman kelompoknya untuk membuat kelompoknya menjadi yang terbaik. Ketiga siswa lebih cermat dalam memutuskan sesuatu secara tepat dan obyektif (2) Materi yang digunakan dalam pembelajaran yaitu: menghargai perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat (3) Langkah-langkah pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan metode discovery learning yaitu dimasukkan dalam kegiatan inti yang tercantum dalam RPP dengan acuan prosedur implementasi discovery learning yaitu stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan (4) Evaluasi yang digunakan yaitu menggunakan evaluasi formatif. Evaluasi formatif yang digunakan diantaranya penilaian tes dan non tes (observasi) berupa penilaian aspek sikap sosial. Kata kunci: Metode Discovery Learning, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:56
Last Modified: 19 Apr 2022 01:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3799

Actions (login required)

View Item View Item