Pengelolaan Kelas Berbasis Single Sex dalam Pembentukan Karakter Siswa di MI Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025

Wiko Yatika, Atini (2024) Pengelolaan Kelas Berbasis Single Sex dalam Pembentukan Karakter Siswa di MI Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Atini Wiko Yatika T20184041 PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Atini Wiko Yatika, 2024: Pengelolaan Single sex dalam Pembetukan Karakter Siswa di MI Negeri 1 Jember
Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Single sex, Pembentukan Karakter.
Konteks penelitian ini adalah pengelolaan kelas berbasis single sex dalam pembentukan karakter siswa yang mulai diterapkan di MI Negeri 1 Jember. Yang mana pengelolaan yang dimaksud adalah pemetaan kelas antara laki-laki dan perempuan yang juga memiliki alasan dan tujuan sendiri, yakni untuk mengenalkan kepada siswa bahwa secara hukum islam batasan antara laki-laki dan perempuan itu ada, selain itu juga untuk mengurangi adanya bulying yang kerap terjadi dalam kelas.
Fokus penelitian ini adalah : 1)Bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis single sex di MI Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana upaya pembentukan karakter siswa melalui pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis single sex di MI Negeri 1 Jember? 3) Apa saja kendala yang dihadapi pada pengelolaan kelas berbasis single sex dalam pembentukan karakter di MI Negeri 1 Jember?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis single sex di MI Negeri 1 Jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya pembentukan karakter melalui pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis single sex di MI Negeri 1 Jember. 3) Untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi pada pengelolaan kelas berbasis single sex dalam pembentukan karakter di MI Negeri 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, waancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggunakan 1) Pengumpulan data 2) Kondensasi data 3) Penyajian data 4) Penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian ini adalah 1) pada pelaksanaan pengelolaan kelas yang berbasis single sex di MI Negeri 1 Jember yaitu diawali dengan adanya penerimaan siswa-siswi baru dengan sistem kuota disisi lain dalam penerimaan siswa – siswi baru juga diadakan tes, serta kelasnya sudah dipersiapkan sebelumnya. 2) Upaya untuk membentuk karakter siswa melalui pelaksanaan pengelolaan kelas berbasis single sex sangatlah banyak caranya diantaranya mengajarkan disiplin, mempertahankan pelajaran ke-NU an yang sudah menjadi ciri khas dari madrasah, mengajar dengan penuh kesabaran, mengadakan pertemuan wali murid setiap satu tahun sekali dengan tujuan untuk mengumumkan perkembangan madrasah selama satu tahun sebelumnya dan mengajak bermusyawarah membahas kemajuan madrasah untuk satu tahun mendatang. Siswa-siswi yang sekolah di MI Negeri 1 Jember diajarkan pendidikan sex yang baik, dengan tujuan agar siswa-siswi tau dan faham dengan apa yang dinamakan sex dan juga mengetahui dampak negatifnya. 3) Kendala yang terjadi yaitu kurangnya tenaga guru, minimnya ruang kelas, kurangnya pendekatan dan penjelasan lebih terkait single sex kepada wali murid, serta faktor lain dari anak-anak yang masih kurang mumpuni, suka izin tidak jelas, malas, dan ketika ditegur masih suka menjawab atau membantah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Atini Wiko Yatika
Date Deposited: 19 Dec 2024 02:10
Last Modified: 19 Dec 2024 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37994

Actions (login required)

View Item View Item