Afkarina, Lina (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Scribe Modifikasi Pada Materi Bilangan Cacah kelas V di Mima Condro Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.
Text (SK 078 PGMI 2024)
watermark lina_compressed.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Lina Afkarina, 2024 : Pengembangan media pembelajaran matematika Berbasis Video Animasi Scribe Modifikasi Pada Materi Bilangan Cacah Kelas V di Mima Condro Kaliwates Jember.
Kata Kunci : Pengembangan Media Video Animasi Scribe Modifikasi, Pembelajaran Matematika, Bilangan cacah sampai 100.000.
Pengembangan media video animasi scribe modifikasi yang dapat membantu siswa dalam memahami dan mengerti perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. dengan tujuan agar peserta didikmampu memahami dan mengerti perkalian dan pembagian . dengan melihat video tersebut, peserta didik dapat menghafal maupun mengerti perkalian dan pembagian sampai 100.000. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis video animasi Scribe modifikasi pada materi bilangan cacah untuk kelas 5 di Mima Condro Jember.
Tujuan khusus penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran, (2) untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran, dan (3) untuk mendeskripsikan kepraktisan penggunaan media pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), yang melibatkan tahap perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Dengan model pengembangan ADDIE atau sering disebut analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Model ADDIE yang efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik, pengetahuan yang bersifat kompleks dan permasalahan asli.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Produk yang dikembangkan yaitu media video animasi scribe modifikasi yang berisikan materi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000 pada peserta didik kelas 5 yang memuat gambar-gambar dan animasi yang menarik. 2) Secara keseluruhan analisis dari para ahli media pembelajaran video animasi scribe modifikasi ini menunjukkan presentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. 3) Data uji coba produk dengan melaukan respon para peserta didik menunjukkan presentase rata-rata sebesar 93%, sehingga dapat dinyatakan produk media video animasi scribe modifikasi dinyatakan layak untuk digunakan dan tidak perlu direvisi ulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Lina Afkarina |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 07:55 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 07:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/37997 |
Actions (login required)
View Item |