Fahma, Ulya (2024) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media TAKALINTAR (Tabel Perkalian Pintar) Di Kelas 3 Sekolah Dasar Islam Puspa Bangsa Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Ulya Fahma-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ulya Fahma, 2024: Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Takalintar (Tabel Perkalian Pintar) pada Kelas 3 SD Islam Puspa Bangsa Banyuwangi.
Kata Kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Media Takalintar.
Media pembelajaran dapat dimaknai sebagai alat yang membawa pesan dan informasi antara guru dan siswa. SD Islam Puspa Bangsa merupakan lembaga Sekolah Dasar di Banyuwangi yang perlu menerapkan media pembelajaran agar proses pembelajaran bisa maksimal. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan untuk proses pembelajaran adalah Takalintar agar peserta didik bisa lebih aktif dan mudah menerima materi dalam mengikuti proses pembelajaran.
Dalam penelitian pengembangan ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penggunaan media Takalintar yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD Islam Puspa Bangsa (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dengan menggunakan media Takalintar pada siswa kelas III SD Islam Puspa Bangsa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penggunaan media Takalintar yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas III SD Islam Puspa Bangsa. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dengan menggunakan media Takalintar pada siswa kelas III SD Islam Puspa Bangsa.
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Dengan Menggunakan Media Takalintar pada Kelas 3 SD Islam Puspa Bangsa yaitu menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan 3 Siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes tuluis, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas pembelajaran yang dilakukan guru dari siklus I, siklus II dan siklus III mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari skor yang diperoleh pada siklus I dengan nilai 69% katagori baik, siklus II dengan nilai presentase 76% katagori baik sedangkan pada siklus III dengan nilai 89% katagori sangat baik.(2) Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan, dengan nilai 55% katagori kurang pada siklus I, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai presentase 71% katagori baik sedangkan pada siklus III dengan nila presentae 88% katagori Sangat baik. (3) Hasil analisis belajar siswa melalui penerapan media Takalintar menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa untuk setiap siklusnya. Siswa yang tuntas belajar pada siklus I hanya 4 orang siswa (36%) tergolong katagori cukup dan pada siklus II sudah mulai ada peningkatan siswa yang tuntas bejumlah 6 orang siswa (54%) tergolong katagori baik. Serta pada siklus III siswa yang tuntas belajarnya meningkat menjadi 10 orang siswa (90%) katagorik sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Ulya Fahma |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 07:52 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 07:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38001 |
Actions (login required)
View Item |