Pembinaan Budaya Religius Sebagai Upaya Pendidikan Moral Di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo

Lathifunnisa', Laila Zulfa (2024) Pembinaan Budaya Religius Sebagai Upaya Pendidikan Moral Di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laila Zulfa_202101010110.pdf

Download (4MB)

Abstract

Krisis moral yang dialami remaja saat ini disebabkan oleh kecenderungan dalam mengadopsi budaya barat. Pembinaan budaya religius di sekolah merupakan langkah penting dalam pendidikan moral yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa. Melalui pengintegrasian nilai-nilai religius dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler, siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo diajarkan untuk menghargai perbedaan, mengembangkan empati, dan menerapkan prinsip-prinsip moral dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pembinaan budaya religius sebagai upaya pendidikan moral pada aspek akidah siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo? (2) Bagaimana pembinaan budaya religius sebagai upaya pendidikan moral pada aspek ibadah siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo? (3) Bagaimana pembinaan budaya religius sebagai upaya pendidikan moral pada aspek akhlak siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo? Tujuannya yaitu Untuk mendeskripsikan pembinaan budaya religius sebagai upaya pendidikan moral pada aspek akidah siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo. Untuk mendeskripsikan pembinaan budaya religius sebagai upaya pendidikan moral pada aspek ibadah siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo. Untuk mendeskripsikan pembinaan budaya religius sebagai upaya pendidikan moral pada aspek akhlak siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tipe penelitian lapangan. Untuk pengumpulan data, digunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini dijamin dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) pembinaan budaya religius pada aspek akidah melalui proses pembelajaran di kelas dan kegiatan terprogram perbulan atau pertahun seperti program Al-Qur’an, PHBI, pondok Ramadhan, Mabit. (2) pembinaan budaya religius pada aspek ibadah melalui kegiatan praktik ibadah rutinan seperti sholat dhuha berjamaah, dzikir pagi-petang, puasa senin-kamis, membaca surat pendek. (3) pembinaan budaya religius pada aspek akhlak melalui keteladanan, spontan, dan rutinan seperti membiasakan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), saling hormat, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laila Zulfa Lathifunnisa'
Date Deposited: 19 Dec 2024 07:52
Last Modified: 19 Dec 2024 07:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38007

Actions (login required)

View Item View Item