Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Giri Kabupaten Banyuwangi

Ahmad maulana, Firmansyah (2024) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Giri Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi firmansyah ahmad maulana T20181379.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam juga tidak lepas dari materi membaca Al-Qur’an, karena belajar membaca Al-Qur’an sudah harus diajarkan terhadap peserta didik ketika masih kecil sekitar usia 4-5 tahun yang dimulai dari membaca Iqro’. Seorang guru PAI harus profesional dalam mengajar, ketika proses pembelajaran sedang berlangsung, dan ketika semangat siswa mulai menurun untuk belajar Al-Qur'an, maka seorang guru harus selalu memberikan motivasi kepada siswa dalam membaca Al-Qur'an. Di SMK PGRI 1 Giri Banyuwangi ini pada kenyataan yang ada di lapangan masih banyak siswa kelas X yang kurang bisa bahkan tidak bisa membaca Al-Qur’an terutama dalam hal makharijul huruf dan tajwidnya ditambah lagi ada beberapa siswa ketika membaca Al-Qur’an itu dengan huruf latinnya saja.
Fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Giri Kabupaten Banyuwangi? 2) Faktor apa sajakah yang menjadi penghambat Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Giri Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Giri Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui faktor apa sajakah yang menjadi penghambat upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Giri Kabupaten Banyuwangi.
Metode penelitian yang digunakan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Kesimpulan hasil penelitian ini: 1) Upaya yang dilakukan oleh guru PAI di Sekolah tersebut dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an yaitu dengan cara, pertama guru selalu senantiasa membiasakan para siswa dan siswinya untuk membaca Al-Qur’an itu sendiri dan yang kedua guru menjelaskan dan mempraktikkan bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar. 2) faktor yang menjadi penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur’an di SMK PGRI 1 Giri ini yaitu dari faktor keluarga, kurangnya jam mata pelajaran PAI, dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firmansyah Ahmad Maulana
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:38
Last Modified: 19 Dec 2024 06:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38015

Actions (login required)

View Item View Item