Putri, Salsabila Anggia (2024) Implementasi Kegiatan Dzikir Al-Ma’tsurat dalam Membentuk Spiritual Siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo Tahun 2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Salsabila Anggia Putri_202101010114.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat merupakan salah satu amalan yang mengandung nilai spiritual yang mendalam dalam kehidupan seorang muslim. Dalam konteks pendidikan, pelaksanaan Al-Ma’tsurat di sekolah diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk membentuk karakter dan memperkuat spiritualitas siswa. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan budaya global yang cenderung membawa pengaruh negatif, penting bagi institusi pendidikan untuk memperkenalkan kegiatan yang dapat menumbuhkan kesadaran spiritual pada generasi muda.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo Tahun 2024? 2) Bagaimana dampak positif kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo Tahun 2024? 3) Bagaimana faktor penghambat serta solusi kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo Tahun 2024?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo Tahun 2024. 2) Untuk mendeskripsikan dampak positif kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo Tahun 2024. 3) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat serta solusi kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat dalam membentuk spiritual siswa di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo Tahun 2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman dan Saldana yang meliputi tiga langkah yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Pelaksanaan dzikir Al-Ma’tsurat di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo dilaksanakan setiap hari di waktu pagi dan sore hari yang bertempat di selasar. 2) Dampak positif kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat ditunjukkan dari pernyataan dan perilaku siswa yang lebih bijak dalam berbicara dan mudah menerima pelajaran di dalam kelas. 3) Faktor penghambat kegiatan dzikir Al-Ma’tsurat adalah adanya keterlambatan siswa, tidak membawa buku dzikir, waktu terbatas, kurangnya pemahaman dan kesadaran siswa, serta gangguan dari siswa yang bercanda. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut dengan membaca dzikir bersama teman yang terlambat, menjaga buku dzikir, memberikan edukasi dan penjelasan lebih mendalam, menegur siswa yang mengganggu, serta konsisten dalam pelaksanaan dzikir.
Kata Kunci: Implementasi Dzikir Al-Ma’tsurat, Spiritual Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Salsabila Anggia Putri |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:13 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 04:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38025 |
Actions (login required)
View Item |