Maulana, Muhammad Ikhwan (2024) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PROGRAM PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ALIZA KARANGREJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN K.H. Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Ikhwan Maulana_T20181295.pdf Download (5MB) |
Abstract
Muhammad Ikhwan Maulana, 2024: PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM PADA PROGRAM PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ALIZA KARANGREJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Paket B, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah proses komunikasi atau interaksi dua arah antara yang mengajar atau dalam hal ini dilakukan oleh tenaga pendidik dan peserta didik dan dapat memahami serta dalam mengamalkan ajaran Islam. Program
paket B adalah pendidikan luar sekolah atau lebih dikenal dengan sekolah non-formal, program paket B ini setara dengan SMP atau MTs. Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di program paket B PKBM Aliza ini dilaksanakan 1 kali dalam seminggu, dan jadwal pembelajaran secara keseluruhan hanya 4 kali dalam sebulan. Tujuan dari Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di PKBM Aliza ini adalah untuk memberikan pemahaman terkait agama Islam dan mencegah kemerosotan moral, hal ini jugua selaras dari visi PKBM Aliza yaitu membentuk peserta didik yang berintegritas dan berakhlak mulia.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1.) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam di Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Aliza Tahun Pelajaran 2023/2024. 2.) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Aliza tahun Pelajaran 2023/2024. 3.) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Aliza tahun Pelajaran 2023/2024. Tujuan pada penelitian ini yaitu: 1.) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Aliza tahun pelajaran 2023/2024. 2.) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Aliza tahun pelajaran 2023/2024. 3.) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Aliza tahun pelajaran 2023/2024. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penentuan informan menggunakan teknik purposive. Sementara teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut 1.) kondensasi data, 2.) penyajian data, 3.) penarikan Kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah 1.) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang peneliti dapatkan ialah tutor Menyusun silabus dan RPP. 2.) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilakukan oleh tutor adalah meliputi tiga hal yaitu a.) Kegiatan pembuka, b.) Kegiatan Inti, c.) Kegiatan Penutup. 3.) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Aliza yaitu melalui a.) tugas harian, b) praktek, c.) UTS dan d.) UAS, Namun dalam evaluasi pembelajaran khususnya mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ada penembahan yaitu melalui penilaian Akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Ikhwan Maulana |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 01:29 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 01:29 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38028 |
Actions (login required)
View Item |