Implementasi Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Era Revolusi Industri 4.0 di MI Hasyim Asy’arie Kecamatan Gambiran Tahun Pelajaran 2020/2021.

LINDA RAHMAWATI, - (2021) Implementasi Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Era Revolusi Industri 4.0 di MI Hasyim Asy’arie Kecamatan Gambiran Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Linda Rahmawati,_T20174010.pdf

Download (7MB)

Abstract

Linda Rahmawati, 2021: “Implementasi Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Era Revolusi Industri 4.0 di MI Hasyim Asy’arie Kecamatan Gambiran Tahun Pelajaran 2020/2021.”. Kata Kunci:Implementasi, Kompetensi Guru Era Revolusi Industri 4.0, Pembelajaran Tematik Terpadu. Guru di era revolusi industri 4.0 harus menerapkan 5 kompetensi.. Pendidik di MI Hasyim Asy’arie saat ini masih menerapkan 2 kompetensi dari 5 kompetensi yang harus di terapkan, yaitu educational competence dan conselor competence. Educatioanl competence guru di MI Hasyim Asy’arie menggunakan media berbasis teknologi pada pembelajaran tematik terpadu seperti media power point, google form, dan whastapp. Sedangkan conselor competence guru di MI Hasyim Asy’arie menerapkan dengan kegiatan memberikan nasehat dan motivasi kepada peserta didik, memberikan apresiasi dari hasil pekerjaan peserta didik, serta menerapkan kegiatan untuk meningkatkan kereligiusan peserta didik seperi membaca Al- Qur’an, sholat duha berjamaah sekaligus mendengarkan kultum, membaca asmaul husna, dan sholat duhur berjamaah sebelum pulang sekolah. Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi educational competence guru dalam pembelajaran tematik terpadu era revolusi industri 4.0 di MI Hasyim Asy’arie? 2) Bagaimana implementasi conselor competence guru dalam pembelajaran tematik terpadu era revolusi industri 4.0 di MI Hasyim Asy’arie?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi Educational Competence guru dalam pembelajaran tematik terpadu era revolusi industri 4.0 di MI Hasyim Asy’arie. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi Conselor Competence guru dalam pembelajaran tematik terpadu era revolusi industri 4.0 di MI Hasyim Asy’arie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus (case studies). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, dan Saldana . Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dalam penelitian ini memperoleh hasil implementasi educational competence guru dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan pembelajaran berbasis teknologi (internet of thing) meliputi penggunaan media power point dalam proses pembelajaran, penggunaan media google form ketika melaksanakan ujian, dan penggunaan whatsapp grup pada tiap masing-masing kelas. Diharapkan peserta didik juga mampu menerapkan penggunaan teknologi dalam proses belajar. Selain itu pendidik memang diharuskan untuk menerapkan educational competence berbasis teknologi pada era revolusi industri 4.0 supaya pendidik dapat mengimbangi perkembangan zaman khususnya dalam dunia pendidikan. Melalui penggunaan media yang digunakan oleh guru MI Hasyim Asy’arie, diharapkan peserta didik bisa maksimal memahami materi pembelajaran tematik terpadu. Implementasi conselor competence guru MI Hasyim Asy’arie dalam pembelajaran tematik terpadu melalui beberapa penerapan pemberian nasehat dan motivasi kepada peserta didik, saling tukar pikiran kepada peserta didik, apresiasi hasil pekerjaan peserta didik, serta menerapkan kegiatan untuk meningkatkan kereligiusan peserta didik seperti pembiasaan mengaji Al-Qur’an di pagi hari, sholat duha berjamaah, mendengarkan kultum, membaca asmaul husan, dan sholat duhur berjamaah sebelum pulang sekolah. Memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik merupakan salah satu karakteristik dari pembelajaran tematik terpadu. Peran pendidik MI Hasyim Asy’arie sebagai conselor competence memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik dengan cara menerapkan kegiatan untuk meningkatkan kereligiusan peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:44
Last Modified: 21 Apr 2022 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3804

Actions (login required)

View Item View Item