Faisol, Aninditya Messaurina (2024) Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Penggerak Dalam Pembelajaran IPA Kurikulum Merdeka di Tingkat SMP Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Aninditya Messaurina Faisol_214101100005.pdf Download (11MB) |
Abstract
Kata Kunci: TPACK, Guru Penggerak, Pembelajaran IPA
Guru memiliki peran kunci dalam keberhasilan pembelajaran. Dalam kurikulum merdeka terdapat istilah guru penggerak. Guru penggerak berkontribusi dalam implementasi kurikulum merdeka dan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah. Guru penggerak berperan sebagai agen perubahan yang diharapkan mampu mengintegrasikan teknologi, pedagogi, dan konten melalui kerangka kerja TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) khususnya dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini disusun untuk mengetahui bagaimana profil TPACK guru penggerak IPA di SMP Kabupaten Banyuwangi serta melihat bagaimana faktor pendukung dan penghambatnya.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana profil TPACK guru penggerak IPA SMP di Kabupaten Banyuwangi melalui Content Representation (CoRe) + Teknologi? 2) Bagaimana profil TPACK guru penggerak IPA SMP di Kabupaten Banyuwangi melalui hasil observasi pembelajaran sekaligus Pedagogical and Professional-experience Representation (PaP-eRs)? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat profil TPACK guru penggerak IPA SMP Kabupaten Banyuwangi?
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik peneliti dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Peneliti memperoleh kesimpulan: 1) Profil TPACK yang dimiliki oleh guru penggerak IPA melalui lembar CoRe + Teknologi tergolong baik. 2) Profil TPACK yang dimiliki oleh guru penggerak IPA berdasarkan hasil observasi pembelajaran sekaligus PaP-eRs; a) Kemampuan TK guru penggerak mencakup digitalisasi literasi; b) Kemampuan PK guru penggerak mencakup, (1) manajemen kelas dengan ice breaking, (2) perencanaan dengan modul ajar, (3) pelaksanaan terbagi tiga tahap yaitu pendahuluan, inti, dan penutup, (4) penilaian melalui hasil literasi, numerasi, proyek, (5) evaluasi melalui kombel rekan sejawat; c) Kemampuan CK guru penggerak mencakup penggunaan buku paket IPA sebagai sumber utama serta mampu memberikan contoh yang relevan dengan teori. 3) Faktor pendukung dalam mempunyai profil TPACK oleh guru penggerak IPA adalah akses teknologi yang memadai, sarana prasarana, serta kolaborasi dengan rekan sejawat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah minimnya pengetahuan integrasi konten, pedagogi, dan teknologi yang baik secara maksimal serta keterbatasan waktu dan persiapan pembelajaran yang kurang matang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Aninditya Messaurina Faisol |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 02:19 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 02:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38054 |
Actions (login required)
View Item |