Implementasi Program Bina Prestasi dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di MTsN 1 Jember

Fertiya Sari, Nur Werni (2024) Implementasi Program Bina Prestasi dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di MTsN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Werni Fertiya Sari_211101100034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nur Werni Fertiya Sari, 2024: Implementasi Program Bina Prestasi dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA di MTsN 1 Jember
Kata Kunci: progaram bina prestasi, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran IPA
Program bina prestasi merupakan program kelas unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan potensi akademik siswa melalui pembinaan dan pelatihan secara intensif. Pembelajaran IPA cenderung melibatkan eksperimen, pengamatan, dan penyelidikan ilmiah sehingga penting untung memiliki keterampilan berpikir kritis. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih keterampilan berpikir kritis salah satunya dengan cara memperbanyak latihan soal HOTS. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang penting dimiliki siswa, khususnya dalam pembelajaran IPA karena dapat mengembangkan kemampuan lain seperti membuat keputusan dan memecahkan masalah.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan program bina prestasi dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di MTsN 1 Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan program bina prestasi dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di MTsN 1 Jember?, 3) Bagaimana evaluasi program bina prestasi dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di MTsN 1 Jember?
Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Peneliti memperoleh hasil bahwa 1) Pada tahap perencanaan terdapat seleksi khusus untuk masuk di kelas bina prestasi dan guru menyiapkan modul khusus untuk pembelajaran di kelas bina prestasi. 2) Tahap pelaksanaan program bina prestasi lebih ditargetkan untuk memperbanyak latihan soal HOTS atau soal olimpiade, indikator keterampilan berpikir kritis lebih banyak teramati di kelas bina prestasi IPA unggulan. 3) Tahap evaluasi hasil belajar dilakukan setiap akhir semester berupa soal tes yang dibuat oleh guru pembina di kelas bina prestasi. Tidak ada tahap tindak lanjut setelah evaluasi, tetapi setiap siswa akan mendapatkan rapor hasil belajar dan peringkat setelah melaksanakan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nur Werni Fertiya Sari
Date Deposited: 23 Dec 2024 02:44
Last Modified: 23 Dec 2024 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38057

Actions (login required)

View Item View Item