Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Nina Azizatul, Khitam (2021) Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Nina Azizatul Khitam_T20171077.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nina Azizatul Khitam, 2021: Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Pembelajaran PAI Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena dalam pendidikan yang semakin merusak nilai-nilai keadilan dan sendi-sendi kerukunan dalam bermasyarakat. SMP Negeri 1 Jenggawah merupakan sekolah yang di dalamnya terdiri dari siswa yang heterogen baik dari segi suku, bahasa, jenis kelamin dan agama yang menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penanaman nilai keadilan (Al-Adl) dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Jenggawah. 2) Bagaimana penanaman nilai kesetaraan (Al-Musawah) dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Jenggawah. Tujuan penelitian ini adalah. untuk mendeskripsikan 1) Penanaman nilai keadilan (Al-Adl) dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Jenggawah. 2) Penanaman nilai kesetaraan (Al-Musawah) dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 1 Jenggawah. Untuk dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Untuk dapat dengan mudah dalam menentukan subyek penelitain, peneliti menggunakan teknik purposive.Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles and Huberman. Dengan langkah berikut: Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk dapat memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik Triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan:1) Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural pada aspek keadilan (Al-Adl) Pertama ditanamkan dengan mengaitkan materi-materi yang mengandung nilai keadilan. Kedua adanya kebijakan yang memberikan kebebasan kepada siswa-siswi non muslim untuk tidak mengikuti pembelajaran PAI di kelas, melainkan diserahkan pada pendidik yang seagama. Ketiga adanya arahan dari kepala sekolah kepada semua guru untuk maksimal dalam membimbing siswa, dalam pembelajaran. Karena hal ini akan sangat berpengarus terhadap hak (nilai) yang akan diterima. 2) Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural pada aspek kesetaraan (Al- Musawah). Pertama ditanamkan dengan mengaitkan materi-materi yang mengandung nilai kesetaraan. Kedua Penataan kelas yang heterogen. Ketiga adanya dukungan secara penuh terhadap siswi untuk berperan sama seperti siswa terutama perihal kepemimpinan baik kelas maupun osis. Keempat memberikan fasilitas terhadap siswa yang kesulitan dalam pembelajaran daring. Kelima adanya pembiasaan yang mencerminkan perilaku kesetaraan terhadap sesama di lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:54
Last Modified: 21 Apr 2022 02:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item View Item