Mauladani, Ni'amulloh Rizqi (2024) PEMBIASAAN AMAL JUMAT DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN K.H. Achmad Siddiq Jember.
Text
NI’AMULLOH RIZQI MAULADANI _T20181018.pdf Download (5MB) |
Abstract
Niamulloh Rizqi Mauladani, 2024: Pembiasaan Amal Jumat Dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik Di MAN 1 Banyuwangi.
Kata kunci: Pembiasaan Amal Jumat, Pembinaan Karakter Religius
Pembiasaan amal jumat dilakukan untuk menanamkan akhlak yang mulia sejak usia dini. Karena pembiasaan yang terus dilakukan dan di biasakan akan selalu ingat akan terbiasa yang dapat menanamkan bukan hanya di sekolah juga di Masyarakat. Karakter religius siswa dapat terlihat dari siswa yang lebih ikhlas dan amanah dalam bersedekah, merasa lebih dekat dengan Allah SWT, serta menyakini dengan bersedekah akan mendapat pahala dan perubahan sikap yang lebih baik lagi.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimanakah pelaksanaan pembiasaan amal jumat dalam pembinaan karakter religius peserta didik di MAN 1 Banyuwangi? 2) bagaimanakah dampak/implikasi pembiasaan amal jumat dalam pembinaan karakter religius peserta didik di MAN 1 Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pelaksanaan pembiasaan amal jumat dalam pembinaan karakter religius peserta didik di MAN 1 Banyuwangi. 2) mengetahui dari dampak/implikasi pembiasaan amal jumat dalam pembinaan
karakter religius peserta didik di MAN 1 Banyuwangi.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data: 1) observasi, 2) wawancara, dan 3) dokumentasi.
Menggunakan analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Johnny Saldana. Pengujian keabsahan data dalam penelitian menggunakan dua jenis triangulasi, yaitu: 1) triangulasi sumber dan 2) triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian yang ditemukan yaitu: 1) pelaksanaan pembiasaan amal jumat dalam pembinaan karakter religius sudah diupayakan dengan baik, adanya pembiasaan beramal atau bersedekah yang selalu di lakukan setiap hari jumat setelah
pelaksaan sholat dhuha berjamaah dan dengan diakhiri mahalul qiyam. Dengan dilanjut membaca surat pendek yang dipimpin oleh guu melalui pengeras suara di setiap kelas yang akan diikuti peserta didik di dalam kelas, lalu pengumpulan uang
amal jumat pada bendahara atau ketua kelas yang keliling untuk menarik amal jumat kemudian disetorkan ke ruang OSIM dan mencatat hasilnya ke koordinator amal jumat, dan juga terkadang sebelum sholat dhuha berjamaah sudah ada yang
mengumpulkan ke koordinator amal jumat; 2) dampak/implikasi yaitu: (a) religius, sebagian besar peserta didik akan selalu mencerminkan ketaatan dalam beribadah, menghormati, dan menghargai prinsip-prinsip moral yang ada di Madrasah. (b) disiplin, sebagian besar peserta didik menghargai betapa pentingnya tepat waktu, bisa lebih menghargai uang yang bisa membantu sesama dan dapat berpahala, taat untuk diri sendiri yang akan bisa lebih baik dan dapat menjadi contoh untuk yang lain dan (c) bertanggung jawab, sebagian besar peserta didik menunjukkan hal yang sudah menjadi kewajiban apa saja perlu dikerjakan pada sekolah dan memiliki jiwa sosial ke sesama dalam keseharian seperti tolong menolong membantu teman yang kesulitan yang akan berdampak menjadi kepribadian baik bagi peserta didik dalam bersikap atau berperilaku di madrasah maupun masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ni'amulloh Rizqi Mauladani |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 02:39 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 02:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38069 |
Actions (login required)
View Item |