Risky, Wahyuningtyas (2020) Pembelajaran dengan Menggunakan Model Quantum Moral Islam Guna Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Jember Kelas X MIPA 3 Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Risky Wahyuningtyas_T20151347.pdf Download (11MB) |
Abstract
Risky Wahyuningtyas, 2019: Pembelajaran dengan Menggunakan Model Quantum Moral Islam Guna Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Jember Kelas X MIPA 3 Tahun Pelajaran 2019/2020. Proses pembelajaran merupakan proses dimana seorang pendidik menggunakan berbagai model dan metode-metode tertentu yang sesuai serta melibatkan pikiran, emosi, terjalin dalam kegiatan yang menyenangkan dan menantang peserta didik agar yang menempuhnya akan memperoleh pengalaman, pengetahuan serta cara bagaimana orang bertingkah laku sesuai kebutuhan. Tak heran jika pada zaman milenial ini guru dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dalam menciptakan aktivitas belajar sehingga dapat menghasilkan output yang bermutu dengan cara merencanakan pembelajaran dan menggunakan model pembelajaran yang efektif. Salah satunya adalah pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Moral Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model quantum moral Islam guna membentuk kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Jember kelas X MIPA 3 tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana implementasi pembelajaran dengan menggunakan model quantum moral Islam guna membentuk kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Jember kelas X MIPA 3 tahun pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model quantum moral Islam guna membentuk kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Jember kelas X MIPA 3 tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model quantum moral Islam guna membentuk kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Jember kelas X MIPA 3 tahun pelajaran 2019/2020, 2) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran dengan menggunakan model quantum moral Islam guna membentuk kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Jember kelas X MIPA 3 tahun pelajaran 2019/2020, 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model quantum moral Islam guna membentuk kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Jember kelas X MIPA 3 tahun pelajaran 2019/2020. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan naratif, menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model quantum moral Islam guna membentuk kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara tak terstruktur dan dokumentasi. ix Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Moral Islam meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dimana guru membuat dan menyusunnya secara mandiri. Perencanaan pada pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Moral Islam mata pelajaran PAI yang dicantumkan di RPP SMA Negeri 5 Jember sudah sesuai dengan komponen-komponen perencanaan pembelajaran pada umumnya dan semua komponen yang ada dalam RPP ditentukan sesuai dengan lingkungan sekolah, fasilitas sekolah dan karakter peserta didik, 2) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Moral Islam mata pelajaran PAI meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dengan menggunakan pendekatan saintifik, kegiatan penutup dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran, 3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model Quantum Moral Islam mata pelajaran PAI mencakup dua jenis evaluasi yaitu model penilaian autentik berupa tes, sikap dan keterampilan dan evaluasi formatif berupa ulangan akhir dan sikap di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 02:56 |
Last Modified: | 21 Apr 2022 02:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3807 |
Actions (login required)
View Item |