Humairoh, Nabila (2024) UPAYA GURU DALAM MENGENAL ANGKA DAN HURUF MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA KELOMPOK A1 DI TAMAN KANAK-KANAK AL HIDAYAH II TALANGSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nabila Humairoh.pdf Download (3MB) |
Abstract
Nabila Humairoh, 2024: Upaya Guru Dalam Mengenal Huruf dan Angka Melalui Metode Pembiasaan Pada Kelompok A1 di Taman Kanak-kanak Al Hidayah II Talangsari Kabupaten Jember
Kata Kunci: Mengenal Angka dan Huruf, Metode Pembiasaan
Metode pembiasaan adalah salah satu metode yang digunakan guru di Taman Kanak-kanak Al Hidayah II Jember mengingat kemampuan mengengal angka dan huruf pada kelompok A senantiasa perlu dikembangkan secara terus menerus, maka dalam hal ini penerapan metode pembiasaan sangat diperlukan guna mengenal angka dan huruf pada peserta didik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana upaya guru dalam mengenal angka dan huruf melalui metode pembiasaan pada kelompok A1 di taman kanak-kanak Al Hidayah II Talangsari Kabupaten Jember? 2. Apa hambatan dan solusi dalam menerapkan metode pembiasaan di taman kanak-kanak Al Hidayah II Talangsari Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1. Mendeskripsikan upaya guru dalam mengenal angka dan huruf melalui metode pembiasaan pada kelompok A1 di taman kanak-kanak Al Hidayah II Talangsari Kabupaten Jember. 2. Mendeskripsikan hambatan dan solusi dalam menerapkan metode pembiasaan di taman kanak-kanak Al Hidayah II Talangsari Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Lokasi penelitian di Taman Kanak-kanak (TK) Al Hidayah II Jember. Subjek penelitian yakni kepala sekolah, guru kelas, dan wali murid. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif sesuai teori Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan: 1). Upaya guru dalam mengenal angka dan huruf melalui metode pembiasaan pada kelompok A1 di taman kanak-kanak Al Hidayah II Talangsari Kabupaten Jember dilakukan dengan menjalankan perannya secara profesional dengan mengacu pada RPPH. Upaya guru meliputi, a. guru melakukan kegiatan rutin dan kegiatan terprogram. b. kerja sama antara guru dan orang tua peserta didik guna memberikan dukungan penuh terhadap proses belajar peserta didik. 2). Hambatan dan solusi yang dihadapi guru dalam menerapkan metode pembiasaan guna mengenal angka dan huruf di TK Al Hidayah II Jember yakni: Hambatannya yaitu: 1) Kondisi hati yang kurang baik. 2) Kurangnya fokus anak selama pembelajaran berlangsung. Dengan Solusi: 1)Mengatasi kondisi hati anak yang kurang baik yaitu dengan cara bernyanyi, bercerita, memberikan reward kenapa anak seperti hebat, jempol dan bintang, menenangkan anak ketita menangis. 2)mengatasi anak yang kurang fokus yaitu dengan menggunakan ice breaking, memberikan perhatian lebih kepada anak dan menciptakan kelas yang menarik dan kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengenal Angka dan Huruf, Metode Pembiasaan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Nabila Humairoh |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 02:06 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 02:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38078 |
Actions (login required)
View Item |