Penerapan program tahfidz al-Qur'an dalam membentuk karakter disiplin siswa di era milenial di MTs miftahul ulum tegaldlimo banyuwangi

Salsabila, Putri Khanana (2024) Penerapan program tahfidz al-Qur'an dalam membentuk karakter disiplin siswa di era milenial di MTs miftahul ulum tegaldlimo banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Khanana Salsabila_T20191292.pdf

Download (2MB)

Abstract

Putri Khanana Salsabila,2024. Penerapan Program Tahfidz Al-Qur‟an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di Era Milenial di MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo banyuwangi.
Kata Kunci: Program Tahfidz Al Qur'an, karakter disiplin
Program tahfidz Al-Qur‟an bukan hanya semata-mata dalam rangka mengajarkan siswa pintar dalam membaca dan menghafal Al-Qur‟an. Namun, mengajarkan pula kepada siswa untuk mempunyai kepribadian Qur‟ani. Kepribadian yang senantiasa melekat pada dirinya nilai-nilai yang diajarkan dalam Al-Qur‟an. Nilai-nilai tersebut berkaitan dengan akhlak Rabbani dan akhlak insani. Akhlak rabbani berkaitan dengan penghambaan kepada Allah SWT dan akhlak insani terkait dengan interaksi sosial terhadap sesama manusia. program tahfidz di MTs Miftahul Ulum adalah suatu program unggulan yang dilaksanakan disekolah berbasis Islam sebab pada umumnya tidak seluruh sekolah menerapkan program tersebut. Program ini merupakan suatau kebutuhan bagi setiap muslin dalam melaflakan surat-surat diwaktu sholat wajib dan sholat sunnah. Mengahafal Al-Qur‟an juga sangat memerlukan sikap
atau watak atau karakter yang disiplin, dimana dengan adanya karakter tersebut keberhasilan siswa dalam mengingat serta mengamalkan hafalannya akan membuahkan hasil yang bermanfaat.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan program tahfidz siswa di MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo.2)Bagaimana dampak penerapan karakter disiplin melalui program tahfidz Al-Qur‟an 15 juz dan juz „amma di MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter disiplin melalui program tahfidz Al-Qur‟an 15 juz dan juz „amma di MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data yang terdiri
dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data,penarikan kesimpulan,keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Kesimpulan dalam penelitian:1) Penerapan program tahfidz siswa MTs Miftahul Ulum Tegaldlimo ialah program yang dilaksanakan dengan jadwal enam kali pertemuan dalam seminggu. Untuk kegiatan setoran hafalan diadakan setiap hari jum‟at dan untuk kegiatan murojaah dilaksanakan setia selesai sholat dhuha. Program tahfidz Al-Qur‟an di Mts Miftahul Ulum Tegaldlimo menggunakan dua metode yaitu
metode takrir dan metode murojaah.2)Dampak program tahfidz Al-Qur‟an pada era milenial menjadi penompang semangat siswa untuk menajadi pribadi yang lebih baik lagi. Dalam penerapan karakter disiplin melalui program tahfidz Al-Qur‟an siswa menjadi bersemangat dan selalu disiplin dalam melakukan setor hafalan karena dapat terkoordinir dengan baik dan menjadi pemicu semangat siswa dalam mempelajari ilmu spiritual serta menjadi penopang semangat siswa dalam menumbuhkkan karakter displin dan dalam hal belajar pelajaran umum disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Putri Khanana Salsabila
Date Deposited: 19 Dec 2024 01:47
Last Modified: 19 Dec 2024 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38094

Actions (login required)

View Item View Item