Romadhona, Shafa Qomaria (2024) Prinsip-Prinsip Manajemen Syariah Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Melalui Layanan Internet Banking Pada Bank Mega Syariah KCP Transmart Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SHAFA QOMARIA ROMADHONA_204105010062.pdf Download (9MB) |
Abstract
Shafa Qomaria Romadhona, Sofiah, 2024: Prinsip-Prinsip Manajemen Syariah
Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Melalui Internet Banking Pada Bank Mega
Syariah Kantor Cabang Pembantu Transmart Jember
Kata Kunci : Prinsip-Prinsip Manajemen Syariah, Meningkatkan Minat
Nasabah, Internet Banking
Dalam upaya menyempurnakan konsep dasar layanan teknologi informasi
pada industri perbankan dan memperkenalkannya kepada nasabah, bank
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang terkini dan masih segar.
Untuk memenuhi beban kerja yang semakin meningkat, bank memerlukan akses
teknologi informasi untuk mempercepat pertumbuhan. Teknologi informasi
mendukung berkembangnya layanan perbankan seperti teknologi perbankan atau
E-Banking. E-Banking juga harus mempertimbangkan beberapa strategi
pemasaran untuk memasarkan layanan tersebut.
Fokus penelitian ini adalah 1)Bagaimana penerapan prinsip-prinsip
manajemen syariah dalam layanan internet banking pada Bank Mega Syariah?
2)Bagaimana layanan internet banking dapat meningkatkan minat nasabah pada
Bank Mega Syariah?
Dengan tujuan penelitian 1)Mengetahui penerapan prinsip-prinsip
manajemen syariah dalam layanan internet banking Bank Mega Syariah.
2)Mengetahui layanan internet banking dapat meningkatkan minat nasabah pada
Bank Mega Syariah.
Metode penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskripti.
Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive, sedangkan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menjunjungkan bahwa: 1) Penerapan prinsip-prinsip
manajemen syariah dalam layanan internet banking pada Bank Mega Syariah
telah diterapkan dengan baik, Adapun prinsip-prinsip manajemen syariah yang
ada pada bank mega syariah ialah Ihsan (kebaikan yang optimal), Khilafah, Shura
(Musyawarah), Istiqomah (Konsisten), Tawazun dan Keadilan. 2) Layanan
internet banking dapat meningkatkan minat nasabah pada Bank Mega Syariah
dengan oprimal sehingga Bank mega syariah mengalami kenaikan angka minat
nasabah pada bank mega syariah. Hal ini dikarenakan pada bank mega syariah
Kantor cabang pembantu Transmart Jember telah menerapkan faktor-faktor
penting yaitu Pemasaran, Kemudahan, Manfaat, Kenyamanan dan kepercayaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Shafa Qomaria Romadhona |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:08 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38104 |
Actions (login required)
View Item |