Minat Nasabah Dalam Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Di BMT UGT Nusantara Capem Widoropayung Besuki Situbondo

Kamila, Nabila Syahda (2024) Minat Nasabah Dalam Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Di BMT UGT Nusantara Capem Widoropayung Besuki Situbondo. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
hard.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nabila Syahda Kamila, Nur Ika Mauliyah, 2024: Minat Nasabah Dalam Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Di BMT UGT Nusantara Capem Widoropayung Besuki Situbondo
Bank Syariah merupakan lembaga keuangan yang memiliki fungsi intermediary yaitu dengan menghimpun dan menyalurkan dananya kepada masyarakat dan unit usaha yang membutuhkan dana dalam bentuk pembiayaan dengan berdasarkan prinsip-prinsip Syariah. Dalam sistem operasionalnya perbankan Syariah berbeda dengan bank konvensional, karena pada perbankan Syariah tidak menerapkan adanya sistem bunga tetapi menerapkan sistem bagi hasil dan risiko (profit and loss sharing). Dengan adanya sistem tersebut banyak menarik minat nasabah untuk menabung di bank Syariah karena dirasa lebih menguntungkan. Minat nasabah merupakan suatu motivasi yang terus terekam dalam benak konsumen dan menjadi suatu keinginan yang sangat kuat yang pada akhirnya ketika seorang konsumen harus memenuhi kebutuhannya akan mengaktualisasikan apa yang ada di dalam benak konsumen.
Adapun fokus penelitian ini adalah Apa Saja Faktor-faktor yang memengaruhi Minat Nasabah Dalam Menggunakan Produk Tabungan Mudharabah (Tabah) di BMT UGT Nusantara Capem Widoropayung Besuki Situbondo ?
Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mendiskripsikan Minat nasabah dalam menggunakan produk tabungan mudharabah (Tabah) di BMT UGT Nusantara Capem Widoropayung Besuki Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field risearch dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan purposive sampling serta untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.
Hasil penelitian dilapangan menunjukkan bahwa minat nasabah dalam menggunakan produk tabungan mudharabah (Tabah) itu ada beberapa faktor yaitu terbagi menjadi empat. Faktor kualitas pelayanan dari hasil penelitian bahwa fasilitas sangatlah penting dikarenakan faktor fasilitas sangat berpengaruh bagi penabung karena mayoritas orang yang menabung di BMT UGT Nusantara Capem Widoropayung Besuki Situbondo. Faktor lokasi hasil penelitian bahwa sangatlah strategis dikarenakan lokasi ini berdekatan dengan Pasar Widoropayung dimana banyak pedagang kaki lima, toko tani dan toko perancangan. Faktor promosi dari hasil penelitian bahwa sikap penabung dalam mencerna dan menanggapi yang disampaikan oleh karyawan tentang produk tabungan mudharabah (tabah) itu tergantung bagaimana para karyawan dalam mensosialisasikan produknya. Faktor reputasi dari hasil temuan reputasi yang baik dan terpercaya merupakan sumber keunggulan bersaing suatu bank, adanya reputasi yang baik dalam sebuah perusahaan bank akan manimbulkan kepercayaan bagi nasabahnya.
Kata Kunci: Minat Nasabah, Tabungan Mudharabah (TABAH).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Nabila Syahda Kamila
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:51
Last Modified: 19 Dec 2024 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38105

Actions (login required)

View Item View Item