Efektivitas Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Plus Al-Munawaroh Tahun Pelajaran 2019/2020

zainul arifin, - (2020) Efektivitas Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Plus Al-Munawaroh Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris IPS.

[img] Text
ZAINUL ARIFIN_T20159019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Zainul Arifin, 2020:Efektivitas Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Plus Al-Munawaroh Tahun Pelajaran 2019/2020 Penggunaan metode pelajaran yang efektif akan menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar siswa yang aktif dan semakin baik pula pencapaian tujuan pembelajaran serta kemampuan guru dalam mengelola proses pengajaran melalui metode yang diterapkan. Dengan penggunaan metode role playing untuk menciptakan siswa yang aktif dan tujuan pembelajaran yang baik kegiatan belajar mengajar yang aktif dan mampu memotivasi belajar siswa. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah penerapan metode role playing efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Plus Al-Munawaroh?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui keefektifan metode role playing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Plus Al-Munawaroh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode one grub pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Plus Al-Munawaroh. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket, Analisis data menggunakan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian efektivitas penerapan metode role playing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Plus Al-Munawaroh, secara rata-rata motivasi belajar siswa setelah diberikan metode role playing sebesar 86,72 atau lebih besar jika dibandingkan dengan motivasi belajar siswa sebelum diberikan metode role playing yaitu hanya sebesar 77,96. Selain itu dapat pula dilihat pada tabel Paired Sample Test bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak Sehingga dapat di ketahui bahwa Terdapat keefektifan metode pembelajaran role playingdalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Plus Al-Munawaroh. Keyword: Metode role playing, motivasi dan pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:02
Last Modified: 21 Apr 2022 03:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3812

Actions (login required)

View Item View Item