Pengembangan Multimedia Assemblr Edu Berbasis Augmanted Reality Pada Materi Siklus Air Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember

Fitriane, Ayu Nur Azizah (2024) Pengembangan Multimedia Assemblr Edu Berbasis Augmanted Reality Pada Materi Siklus Air Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AYU NUR AZIZAH FITRIANE.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan yang di turunkan pada berbagai generasi yang memiliki tujuan untuk mencerahkan pengatahuan peserta didik sesuai minat, bakat, hobi, kepribadian, dan kreativitas peserta didik yang terdapat pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Banyaknya dari mata pelajaran yang dapat menumbuhkan pengetahuan setiap peserta didik terutama pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial yang terjadi di MIN 3 Jember khususnya kelas 5A terlihat kurang minatnya peserta didik terhadap pelajaran tersebut, dikarenakan kurangnya media yang menarik dan menyenangkan. Maka dari itu, peneliti ingin mengembangkan terkait media pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, dengan menggunakan media interaktif Assemblr Edu berbasis Augmanted di Madrasah Ibtidaiyah 3 Jember.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1) Untuk Mengetahui Bagaimana Penerapan dari Pengembangan Media Interaktif Assambler Edu Berbasis Augmanted Reality Materi Siklus Air Kelas Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember. 2) Untuk mengetahui Bagaimana Kelayakan dari Pengembangan Media Interaktif Assambler Edu Berbasis Augmanted Reality Materi Siklus Air Kelas Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang biasa disebut dengan istilah R&D atau Research and Development. Model yang digunakan pada penelitian ini yakni model ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi. Subjek uji coba yang dikumpulkan pada pengembangan ini ialah lembar angket validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran atau guru serta peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Teknik analisis data yang diambil yakni data kualitatif dan data kuantitatif dengan menggunakan skala Likert sebagai teknik analisis data.
Hasil pada penelitian yang telah dikembangkan yakni: 1) proses pengembangan media Assemblr Edu yang diakses menggunakan android dan mobile lainnya, dilengkapi gambar berbentuk 3D, audio, video, pengertian yang dapat dibuat dengan mudah, serta tambahan soal berbasis game. 2) Adapun kelayakan media Assemblr Edu yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak digunakan, data ini dapat dibuktikan dengan hasil angket ahli media dengan hasil 98% (sangat layak) dan hasil angket ahli materi 96% (sangat layak), serta hasil dari angket ahli pembelajan 97% nilai ini dapat dikategorikan sangat layak. Lalu respon peseta didik berjumlah 25 siswa dengan memberikan angket setiap siswanya menunjukkan presentase 82% sehingga dapat dinyatakan media Assemblr Edu ini sangat layak dan mendapatkan respon yang baik. Media Assemblr Edu pada materi siklus air dapat diakses dalam link berikut ini https://asblr.com/Wg5li .

Kata Kunci: Multimedia, Assemblr Edu, Augmanted Reality, siklus air

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Ayu Nur Azizah Fitriane
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:13
Last Modified: 19 Dec 2024 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38125

Actions (login required)

View Item View Item