Analisis Efektivitas Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan PT Lautan Mulia Sentosa

Zahro, Dewi Lailatul (2024) Analisis Efektivitas Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan PT Lautan Mulia Sentosa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI LAILATUL ZAHRO_201105030021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dewi Lailatul Zahro, Nur alifah Fajariyah, 2024: Analisis Efektifitas Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan PT Lautan Mulia Sentosa.

Kata Kunci : Teknologi Digital, Profitabilitas

Teknologi telah memberi pengaruh besar pada dunia bisnis. Dalam beberapa tahun ini di Indonesia teknologi digital telah menjadi sangat penting dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan. Profitabilitas merupakan kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dibandingkan dengan modal yang digunakan dan dinyatakan dalam prosentase.

Fokus Penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Efektifitas kinerja platfrom media sosial dan teknik pemasaran digital yang digunakan oleh PT Lautan Mulia Sentosa? 2) Bagaimana peran teknologi digital dalam meningkatkan profitabilitas kinerja keuangan?

Tujuan Penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui efektifitas kinerja platfrom media sosial dan teknik pemasaran teknologi digital yang digunakan PT Lautan Mulia Sentosa. 2) Untuk mengetahui bagaimana peran teknologi digital dalam menigkatkan profitabilitas kinerja keuangan.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang termasuk ke dalam penelitian lapang. Data yang digunakan tidak dinyatakan dalam bentuk angka yaitu berupa penjelasan-penjelasan dan tidak dapat diukur dengan satuan hitung seperti informasi teknologi digital, dan profitabilitas kinerja keuangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif.

Hasil Penelitian ini yaitu: 1) PT Lautan Mulia Sentosa dalam pemasarannya belum sepenuhnya menerapkan strategi-strategi yang benar atau belum optimal dalam meningkatkan kesadaran merek melalui jejaring sosial, terdapat salah satu penghambat percapaian perusahaan ini ialah keterbatasan produk yang tidak selalu memiliki permintaan tinggi dipasar, dan PT lautan Mulia Sentosa menghadapi kendala dalam persaingan ketat di media sosial serta perubahan algoritma yang membuat jangkauan konten sulit untuk dipertahankan secara konsisten. Kendala-kendala ini mempengaruhi efektifitas pemasaran media sosial perusahaan dalam meningkatkan profitabilitas. 2) PT lautan Mulia Sentosa belum mencapai efisiensi operasional yang optimal dan masih membutuhkan perbaikan dalam manajemen waktu, tenaga kerja, dan pengurangan biaya. PT Lautan Mulia Sentosa memiliki peluang besar untuk meningkatkan profitabilitas dan daya saing melalui efisiensi operasional, peningkatan hubungan pelanggan, inovasi produk, dan pemanfaatan teknologi digital untuk mengakses pasar baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Dewi Lailatul Zahro
Date Deposited: 19 Dec 2024 08:43
Last Modified: 19 Dec 2024 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38126

Actions (login required)

View Item View Item