NURAENI, SITI (2024) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PENCAMPURAN WARNA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA NURUL IMAN ARJASA JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Achmad Shiddiq.
Text
SKRIPSI SITI NURAENI WATERMARK-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Siti Nuraeni, 2024: Upaya Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Metode
Eksperimen Pencampuran Warna Pada Anak Kelompok B Di RA Nurul Iman
Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2024/2025
Kata Kunci: Kemampuan Sains, Metode Eksperimen, Pencampuran Warna
Kemampuan sains merupakan kesanggupan anak dalam mempelajari dan
menguasai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan lingkungan alam dan
sekitarnya. Di RA Nurul Iman Arjasa Jember Tahun Pelajaran 2024/2025 terdapat
permasalahan dalam pembelajaran sains diantaranya metode pembelajaran yang
kurang menarik, media pembelajaran hanya dengan LKPD, minat belajar yang
rendah dan kemampuan sains anak yang belum berkembang secara maksimal.
Dalam penelitian ini, pemecahan masalah dengan melakukan tindakan kelas
atau mempraktikkan pembelajaran dengan metode eksperimen pencampuran
warna.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan sains pada
kelompok B di RA Nurul Iman Arjasa Jember melalui metode eksperimen
pencampuran warna.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan
kualitatif, yang dilaksanakan sebanyak II siklus dengan 8 kali pertemuan yang
terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau refleksi.
Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelompok B di RA Nurul Iman
Arjasa Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif.
Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, waktu, dan teknik.
Hasil penelitian menggunakan metode eksperimen pencampuran warna
dengan menggunakan media pembelajaran berupa alat dan bahan, serta
didapatkan minat belajar yang meningkat dibuktikan dengan evaluasi
pembelajaran: dari 10 anak menjadi 14 anak, dengan kategori (BSB) 6 anak
menjadi 4 anak dengan kategori (BSH), kategori (MB) terdiri 2 anak, dan kategori
(BB) dari 2 menjadi 1 anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemampuan Sains, Metode Eksperimen, Pencampuran Warna |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Siti Nuraeni |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 06:06 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 06:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38127 |
Actions (login required)
View Item |