Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Bumi dan Tata Surya Kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu

Ramadhani, Nia (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Bumi dan Tata Surya Kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi.Nia Hidayatul Ramadhani_201101100003.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang digunakan di MTs Al-Amien Ambulu yang masih berpusat kepada guru dan tidak melibatkan peran aktif siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran sehingga menimbulkan minat belajar IPA siswa yang rendah. Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan kurang tepat dalam menentukan model pembelajaran yang digunakan. Salah satu alternatif yang diharapkan menjadi solusi yaitu menggunakan model pembelajaran make a match yang diharapkan mampu meningkatkan minat belajar IPA siswa.
Rumusan masalah yang dipilih peneliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA materi bumi dan tata surya kelas VII di Mts Al-Amien Ambulu. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match berbentuan terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA materi bumi dan tata surya kelas VII di Mts Al-Amien Ambulu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen mengidentifikasi dampak dari suatu perlakuan. Adapun desain yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pola desain nonequivalient control groub. Pengambilan sampling yaitu kelas VII-C sebagai kelas eksperimen yang berjumalah 41 siswa dan VII-G sebagai kelas kontrol dengan jumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumtasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sampel T-Test.
Berdasarkan hasil uji-t pada angket minat belajar IPA siswa diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 artinya H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran make a match terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA materi bumi dan tata surya kelas VII di MTs Al-Amien Ambulu.
Kata Kunci: Make A Match, Minat Belajar IPA Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mis Nia Hidayatul Ramadhani
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:10
Last Modified: 19 Dec 2024 06:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38128

Actions (login required)

View Item View Item