PROGRAM TAHSIN AL-QUR'AN MELALUI METODE TILAWAH YANBU'A UNTUK MEMOTIVASI MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL-QUR'AN MINHAJUT THULLAB SUMBERBERAS MUNCAR BANYUWANGI TAHUN 2024

Nur Jannah, Susi Kumala (2024) PROGRAM TAHSIN AL-QUR'AN MELALUI METODE TILAWAH YANBU'A UNTUK MEMOTIVASI MEMBACA AL-QUR'AN SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) AL-QUR'AN MINHAJUT THULLAB SUMBERBERAS MUNCAR BANYUWANGI TAHUN 2024. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Susi Kummala Nur Jannah_T20181085.pdf

Download (5MB)

Abstract

Susi Kummala Nur Jannah, 2024: “Program Tahsin Al-Qur’an Melalui
Metode Tilawah Yanbu’a Untuk Memotivasi Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Qur’an Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi Tahun 2024”
Kata Kunci: Program Tahsin Al-Qur’an, Metode Tilawah Yanbu’a, Motivasi Membaca Al-Qur’an.
Secara umum, permasalahan yang sering terjadi dalam membaca Al-
Qur’an yaitu kurangnya kelancaran, pelafalan makhraj, tajwid dan lain sebagainya. Progam Tahsin Al-Qur’an merupakan sebuah progam yang di ciptakan dengan tujuan untuk memperbaiki serta menyempurnakan bacaan Al-
Qur’an. Pelaksanaan Program Tahsin Al-Qur’an perlu adanya metode pembelajaran Al-Qur’an, karena setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, oleh sebab itu perlu diupayakan motivasi melalui program Tahsin
dengan metode Tilawah Yabu’a. Upaya yang dilakukan pendidik yaitu dengan melakukan tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an pada siswa serta untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari
atau belajar membaca Al-Qur’an.
Fokus penelitian yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini adalah:
1)Bagaimana pelaksanaan Program Tahsin Al-Qur’an di Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Al-Qur’an Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi
Tahun 2024 2)Bagaimana penerapan Metode Tilawah Yanbu’a pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Qur’an Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi Tahun 2024 3)Bagaimana upaya dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Qur’an Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi Tahun 2024?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1)Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Program Tahsin Al-Qur’an di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Al-Qur’an Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi Tahun 2024. 2)Untuk mendeskripsikan penerapan Metode Tilawah Yanbu’a pada siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Qur’an Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi Tahun 2024. 3)Untuk mendeskripsikan upaya dalam meningkatkan motivasi membaca Al-Qur’an siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Qur’an Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi Tahun 2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian naratif menggunakan teknik
pengumpulan data: 1)Obervasi, 2)Wawancara, 3)Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Johnny Saldana yaitu: 1)Kondensasi Data, 2) Penyajian data, dan 3)Penarikan Simpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis
triangulasi, yaitu: 1)Triangulasi sumber, dan 2)Triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1)Pelaksanaan program Tahsin Al-Qur’an setiap pagi mulai pukul 06.30-08.30 setelah bel masuk. Selain itu, tahsin Al-Qur’an juga dilaksanakan untuk tes baca Al-Qur’an pada siswa baru yang sudah dinyatakan diterima di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Qur’an Minhajut Thullab. 2)Penerapan metode Tilawah Yanbu’ pada siswa kelas VII mudah dipahami dan diterapkan oleh siswa, pembelajaran metode tilawah Yanbu’a diawali dengan guru menyampaikan salam setelah siswa sudah tenang lalu guru membaca doa pembuka, guru tidak menuntun bacaan siswanya. Sistem penilaian dilihat dari kelancaran bacaan siswa. Target tahsin Yanbu’a yang harus ditempuh siswa agar bisa mengikuti Ujian Tahsin Yanbu’a. Metode Yanbu’a terdiri dari 7 jilid. Penggunaan metode Yanbu’a ada kualifikasi tertentu atau
sertifikat guru Yanbu’a. 3)Upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
diantaranya: Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Mengadakan persaingan atau kompetisi sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Susi Kummala Nur Jannah
Date Deposited: 19 Dec 2024 07:43
Last Modified: 19 Dec 2024 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38134

Actions (login required)

View Item View Item