Fauziah, Diana (2024) STRATEGI GURU FIKIH DALAM PEMBELAJARAN TERINTEGRASI BERBASIS TEKNOLOGI DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.
Text
Diana Fauziah_211101010057.pdf Download (4MB) |
Abstract
Diana Fauziah, 2024: Strategi Guru Fikih dalam Pembelajaran Terintegrasi
Berbasis Teknologi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember Tahun Ajaran
2024/2025.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Terintegrasi dan Pembelajaran Berbasis
Teknologi
Pembelajaran terintegrasi mendapat perhatian besar karena efektif
meningkatkan hasil belajar dan relevan dengan perkembangan pengetahuan yang
semakin kompleks. Model pembelajaran terintegrasi dengan menggunakan pendekatan tematik tipe Webbed, terutama dengan bantuan teknologi, terbukti lebih unggul dibandingkan tanpa teknologi, menghasilkan pembelajaran yang lebih bermakna dan sesuai kehidupan nyata. Integrasi kurikulum dan kolaborasi antar mata pelajaran, seperti Fikih dan PPKn, mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Studi juga menunjukkan pentingnya strategi pembelajaran berbasis kebutuhan peserta didik, dengan teknologi sebagai pendukung.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru Fikih dalam mengintegrasikan mata pelajaran ISMUBA berbasis teknologi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember? 2) Mata pelajaran apa saja yang diintegrasikan secara terpadu di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember? 3) Bagaimana pembelajaran berbasis teknologi berdampak pada pembelajaran terintegrasi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mendeskripikan strategi guru
Fikih dalam mengintegrasikan mata pelajaran ISMUBA berbasis teknologi di
Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember. 2) Mendeskripikan Mata pelajaran yang diintegrasikan secara terpadu di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Jember. 3)Mendeskripsikan dampak teknologi dalam pembelajaran terintegrasi di Madrasah
Aliyah Muhammadiyah 1 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur,
observasi partisipatif pasif, dan dokumentasi. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif Miles dan Huberman. Analisis data ini meliputi pengumpulan data, data condensation, data display, dan conclusion.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran terintegrasi
berbasis teknologi pada mata pelajaran Fikih dan PPKn dilakukan secara
kolaboratif melalui pendekatan tematik tipe webbed. Selain itu mata pelajaran
Fikih juga diintegrasikan dengan mata pelajaran Al-Qur`an Hadits dan Sejarah
Kebudayaan Islam dengan menggunakan model jaringan (Networked) dengan metode asinkronus dan media interaktif. Dampak dari penggunaan media teknologi digital yakni siswa lebih mudah memahami materi melalui video dan gambar, memiliki akses luas ke sumber belajar, terampil memanfaatkan teknologi, serta lebih antusias.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | diana fauziah |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:37 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38136 |
Actions (login required)
View Item |