Pengembangan Kurikulum Kemendikbud, Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember

nafisah amaliah, - (2021) Pengembangan Kurikulum Kemendikbud, Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Nafisah Amaliah_T20171014.pdf

Download (10MB)

Abstract

Nafisah Amaliah, 2021: Pengembangan Kurikulum Kemendikbud, Kurikulum Kemenag dan Kurikulum Pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember. Kata kunci: Pengembangan kurikulum Kurikulum sangat penting dikembangkan sesuai dengan situasi yang ada pada suatu lembaga pendidikan masing-masing . oleh karena itu, lembaga pendidikan perlu mengelola kurikulum dengan baik agar aktivitas dalam lembaga pendidikan tersebut bisa terlaksana dengan baik dan bisa mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana tujuan pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember? (2) Bagaimana struktur pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember? (3) Bagaimana strategi pelaksanaan pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember? (4) Bagaimana evaluasi pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kuriklum pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan tujuan pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember. 2) untuk mendeskripsikan struktur pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember. 3) untuk mendeskripsikan strategi pelaksanaan pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember. 4) untuk mendeskripsikan evaluasi pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember. Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles, Huberman, dan Saldana. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) tujuan pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren di SMP-Plus Darus Sholah Jember yaitu untuk membentuk generasi masa depan yang berguna bagi nusa dan bangsa menuju bahagia dunia dan akhirat, mencetak lulusan yang religiusitas (Ad-dien), Intelektualitas (Al-aql), berkarakter (Al-haya’) dan berprestasi (Al-amalassholih) serta tujuan yang sesuai dengan programnya. (2) struktur pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren yaitu memuat 21 mata pelajaran dengan alokasi 62 jam per minggu dan 4 program les tambahan. (3) strategi pelaksanaan pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren yaitu ada 4 diantaranya proses kegiatan belajar mengajar, bimbingan menyeluruh, sarana kulikuler dan penilaian hasil belajar. (4) evaluasi pengembangan kurikulum Kemendikbud, kurikulum Kemenag dan kurikulum pesantren yaitu ada evaluasi guru, evaluasi siswa dan evaluasi kurikulum secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:04
Last Modified: 21 Apr 2022 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3814

Actions (login required)

View Item View Item