Pratiwi, Yulia Ulin (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Fotonovela Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Yulia Ulin Pratiwi_201101100011.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Yulia Ulin Pratiwi, 2024: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Fotonovela Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Mts Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Fotonovela, Sistem Pernapasan Manusia, Hasil Belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pembelajaran yang kurang menarik dan tidak variatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan penggunaan media pembelajaran yang lebih inovatif, salah satunya dengan menggunakan media fotonovela. Fotonovela sebagai media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran berbasis fotonovela pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, dan (2) Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis fotonovela pada materi sistem pernapasan manusia terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan jenis quasi-experiment dan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media fotonovela dan kelas kontrol yang menggunakan media video pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah Mann-Whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media fotonovela pada materi sistem pernapasan manusia dilaksanakan dengan langkah-langkah yang mencakup pembagian kelompok, pembagian fotonovela, dan diskusi kelompok untuk mendalami materi. Siswa kemudian mempresentasikan hasil diskusi dan menjawab soal terkait topik yang dipelajari. (2) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan media fotonovela terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan uji Mann-Whitney 0,000 < 0,05 pada uji posttest. Yang berarti H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media fotonovela dan media video pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Yulia Ulin Pratiwi |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 06:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 06:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38144 |
Actions (login required)
View Item |