: Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Dengan Metode Demonstrasi Di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Jember

m.safiuidin, - (2021) : Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Dengan Metode Demonstrasi Di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
M SAFIUDIN_T20151291.pdf

Download (5MB)

Abstract

Safiudin, 2021: Pembelajaran Kitab Fathul Qarib Dengan Metode Demonstrasi Di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Jember Pembelajaran merupakan suatu konsepsi dari dua dimensi kegiatan (belajar dan mengajar) yang harus direncanakan dan diaktualisasikan, Pembelajaran juga merupakan upaya sengaja dan bertujuan yang difokuskan terhadap kepentingan, karakteristik, dan kondisi agar peserta didik bisa belajar dengan efektif dan efisien, Istilah pengajaran lebih banyak diartikan sebagai upaya penyampaian informasi kepada seseorang.Sedangkan Kitab kuning merupakan refrensi yang penting bagi sumber hukum Islam, dari kitab kuning semua materi agama bisa diketahui secara luas dan permasalahan-permasalahan umat bisa direspon dengan bijak maka metode yang di pakai pondok pesantren Al Bidayah ini adalah Demonstrasi yang mana metode ini lebih efektif di bandingkan dengan metode lainnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran Kitab Fathul Qarib dengan metode Demonstrasi di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember? (2) Apa kendala pembelajaran Kitab Fathul Qarib dengan metode Demonstrasi di pondok pesantren Al-Bidayah Tegal Besar Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kitab Fathul Qarib dengan metode Demonstrasi di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Jember. (2) Mendeskripsikan kendala pembelajaran kitab fathul Qarib dengan metode Demonstrasi di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif dan jenis penelitian adalah studi kasusus. Penentuan subyektif penelitian menggunakan teknik purposif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi partisipan, wawancara setruktur, interview dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data yaitu menggunakan model Miles and Huberman yang secara bertahap dilmulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan Pembelajaran Kitab Fathul Qarrib Dengan Metode Demonstrasi Di Pondok Pesantren Al Bidayah Tegal Besar Jember, berjalan dengan efektif dan dapat memberikan perubahan terhadap pola fikir santri yang mana awalnya pasif menjadi aktif. (2) kendalakendala yang menghambat metode Demonstrasi adalah fasilitas kurang memadahi sehingga pembelajaran kurang kondusif, beberapa guru yang kurang konsisten dalam mengajar, beberapa guru yang kurang persiapan dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:05
Last Modified: 21 Apr 2022 03:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3815

Actions (login required)

View Item View Item