NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TRADISI PETIK LAUT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM MUNCAR

Aisyah, Yuli Rofiatul (2024) NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TRADISI PETIK LAUT SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM MUNCAR. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi yuli.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tradisi petik laut merupakan tradisi yang hidup dalam lingkungan masyarakat sebagai tradisi yang masih di lestarikan serta di jaga kelestariannya. Dalam era modern seperti sekarang ini dimana teknologi semakin canggih dan maraknya anak-anak pada di masa sekarang ini kurang antusias ingin mengetahui tradisi ini dan tradisi petik laut ini yang senantiasa hidup di linkungan desa kedungrejo sebagai kepercayaan masyarakat desa tradisi petik laut ini untuk ungkapan rasa syukur masyarakat atas hasil yang sudah di dapatkan sebelumnya dan keselamtan nelayan dalam mencari rezeki.
Fokus dalam penelitian skripsi ini adalah : (1) Bagaimana nilai-nilai kearifan lokal tradisi petik laut sebagai sumber pembelajaran IPS di SMP Islam Muncar ? (2) Bagaimana pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran ips di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Muncar ? (2) Bagaimana implemetasi nilai-nilai kearifan lokal tradisi petik laut sebagai sumber pembelajaran IPS di SMP Islam Muncar ?
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui nilai-nilai kearifan lokal tradisi petik laut sebagai sumber pembelajaran IPS di SMP Islam Muncar. (2) Untuk mengetahui pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran ips di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Muncar. (3) Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai kearifan lokal tradisi petik laut sebagai sumber pembelajaran IPS di SMP Islam Muncar.
Dalam metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Muatan materi nilai-nilai kearifan lokal tradisi petik laut sebagai sumber pembelajaran IPS di SMP Islam Muncar. Tradisi Petik Laut di Kedungrejo, Muncar, Banyuwangi, mencerminkan rasa syukur nelayan kepada Tuhan dan doa untuk keselamatan. Tradisi ini mengandung nilai budaya, gotong royong, dan kreativitas, relevan untuk pembelajaran IPS tentang kehidupan sosial, lingkungan, dan identitas budaya, serta memperkuat kompetensi kewarganegaraan sesuai teori NCSS. 2) pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran ips di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Muncar. Tradisi Petik Laut di Kedungrejo, Muncar, Banyuwangi, mencerminkan rasa syukur nelayan dan nilai budaya, sosial, serta spiritual. Sebagai sumber pembelajaran IPS dalam Kurikulum Merdeka, tradisi ini mengajarkan sejarah, keberagaman, gotong royong, toleransi, dan kesadaran lingkungan, sekaligus membentuk karakter siswa yang peduli budaya, lingkungan, dan masyarakat. 3) implementasi nilai-nilai kearifan lokal tradisi petik laut sebagai sumber pembelajaran IPS di SMP Islam Muncar. Tradisi Petik Laut memiliki nilai edukatif, sosial budaya, spiritual, dan keberlanjutan lingkungan, yang relevan untuk membangun karakter siswa dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0599 other environmental sciences > 059999 Environmental Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ms Yuli Rofiatul Aisyah
Date Deposited: 19 Dec 2024 07:24
Last Modified: 19 Dec 2024 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38154

Actions (login required)

View Item View Item