Chairun Nisa', Roviqo (2024) Visualisasi Lambang Bilangan Sebagai Pendekatan Kreatif Untuk Pengenalan Angka Pada Kelompok A Di TK Tunas Bangsa Kalibaru Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ROVIQO CHAIRUN NISA’_T20195023.pdf Download (23MB) |
Abstract
Roviqo Chairun Nisa’, 2024: Visualisasi Lambang Bilangan Sebagai Pendekatan Kreatif Untuk Pengenalan Angka Pada Kelompok A Di TK Tunas Bangsa Kalibaru Banyuwangi.
Kata Kunci: Visualisasi Lambang Bilangan, Pengenalan Angka
Penelitian ini membahas tentang pendekatan visualisasi lambang bilangan dalam pengenalan angka pada anak usia dini kelompok A (usia 4-5 tahun). Visualisasi lambang bilangan merupakan sebuah pendekatan kreatif pengenalan bentuk lambang bilangan dengan memberikan stimulus terhadap imajinasi anak menggunakan gambar. Proses visualisasi lambang bilangan dilakukan dengan memberikan rangsangan imajinasi pada anak usia dini, berupa pertanyaan tentang benda-benda di kehidupan sekitar yang bentuknya menyerupai angka atau bentuk lambang bilangan. Kemudian dengan gambar benda-benda tersebut, anak akan mengingat bentuk-bentuk lambang bilangan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu; bagaimana penerapan pendekatan visualisasi lambang bilangan dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini kelompok A di TK Tunas Bangsa Kalibaru?
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengenalan angka anak usia dini melalui pendekatan visualisasi lambang bilangan pada kelompok A di TK Tunas Bangsa Kalibaru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelompok A TK Tunas Bangsa Kalibaru. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan pembuatan check list kuesioner. Pada penelitian ini teknik dalam menganalisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif bertujuan untuk menghitung skor rata-rata kemampuan pengenalan angka.
Penelitian ini memperoleh hasil: 1) Pembelajaran pengenalan angka melalui pendekatan visualisasi lambang bilangan dengan jenis penelitian tindakan kelas, dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklusnya ada tiga pertemuan dan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. 2) Peningkatan terhadap pengenalan angka dari tahap pra siklus semula, nilai rata-rata 8,5. Kemudian meningkat pada tahap siklus I menjadi 76,3 dan peningkatan berlanjut pada tahap siklus II nilai rata-rata mencapai 91. Begitu juga dengan hasil persentase peserta didik, terdapat peningkatan pada setiap siklus. Pada prasiklus hasil persentase 0% yakni seluruh peserta didik belum mencapai KKM, siklus I mencapai 60% dengan 6 peserta didik mencapai KKM dan pada siklus II hasil persentase mencapai 80% dengan 8 peserta didik mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Raviqah Chairunnisa' |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 07:16 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 07:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38156 |
Actions (login required)
View Item |