MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SIMBOL HURUF MELALUI MEDIA PASIR PADA KELOMPOK A DI TK AL-RIDHO AJUNG JEMBER

Wardani, Eka (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL SIMBOL HURUF MELALUI MEDIA PASIR PADA KELOMPOK A DI TK AL-RIDHO AJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI EKA WARDANI fixx 18-1 (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

Eka Wardani, 2024 : “ Meningkatkan Kemampuan Mengenal simbol huruf
Melalui Media Pasir Pada Kelompok A di Taman Kanak�Kanak Al-ridho Ajung ”
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal, Simbol Huruf dan Media Pasir
Mengenal simbol huruf menggunakan media pasir merupakan salah satu
cara dalam meningkatkan kemampuan menulis kata benda. TK Al-ridho
menggunakan media pasir karena media tersebut tergolong sangat menyenangkan
bagi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan menulis kata benda.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kemampuan mengenal simbol
huruf sebelum menggunakan pembelajaran media pasir pada kelompok A di TK
Al-ridho Ajung Jember ? 2) Bagaimana proses pembelajaran menggunakan media
pasir dalam meningkatkan kemampuan mengenal simbol huruf pada kelompok A
di TK Al-ridho Ajung Jember ? 3) Bagaimana kemampuan mengenal simbol
huruf setelah menggunakan pembelajaran media pasir pada kelompok A di TK
Al-ridho Ajung Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan kemampuan mengenal
simbol huruf sebelum menggunakan pembelajaran media pasir pada kelompok A
di TK Al-ridho Ajung Jember. 2) Mendeskripsikan proses pembelajaran
menggunakan media pasir dalam meningkatkan kemampuan mengenal simbol
huruf pada kelompok A di TK Al-ridho Ajung Jember. 3) Mendeskripsikan
kemampuan mengenal simbol huruf setelah menggunakan pembelajaran media
pasir pada kelompok A di TK Al-ridho Ajung Jember.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek menggunakan
teknik purposive. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan
saldana yang meliputi tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pengumpulan data melalui tiga tahapan yaitu wawancara,
observasi,dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian : 1) Kemampuan mengenal simbol huruf sebelum
menggunakan pembelajaran media pasir pada kelompok A di TK Al-ridho Ajung
Jember itu awalnya masih menggunakan pensil dan buku sehingga anak-anak
kesulitan dalam memegang pensil. 2) Proses pembelajaran menggunakan media
pasir dalam meningkatkan kemampuan mengenal simbol huruf pada kelompok A
di TK Al-ridho Ajung Jember berupa kegiatan pembuka,kegiatan inti, dan
kegiatan penutup. 3) Kemampuan mengenal simbol huruf setelah menggunakan
pembelajaran media pasir pada kelompok A di TK Al-ridho Ajung Jember
dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung dan setelah pembelajaran berakhir,
mencatat perkembangan dengan menggunakan penilaian checklist dan catatan
anekdot.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengenal, Simbol Huruf dan Media Pasir
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Eka Wardani
Date Deposited: 19 Dec 2024 07:03
Last Modified: 19 Dec 2024 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38157

Actions (login required)

View Item View Item