Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kuis Berintegrasikan Ayat-ayat Al-Qur’an pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA MAN 3 Jember.

Luviana Jenny, - (2021) Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kuis Berintegrasikan Ayat-ayat Al-Qur’an pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA MAN 3 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
Luviana Jenny_ T20178075.pdf

Download (2MB)

Abstract

Luviana Jenny, 2021: Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Kuis Berintegrasikan Ayat-ayat Al-Qur’an pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA MAN 3 Jember. Kata Kunci: Instrumen evaluasi berbasis kuis, berintegrasikan ayat-ayat Al- Qur’an, sistem reproduksi manusia. Instrumen evaluasi berbasis kuis merupakan produk yang dikembangkan sebagai alternatif bagi guru maupun siswa dalam mengatasi keluhan-keluhan dalam kegiatan belajar mengajar termasuk kegiatan evaluasi di masa pandemi Covid-19. Pasalnya tidak sedikit siswa mengeluhkan kegiatan daring yang banyak menggunakan kuota dan harus bergantung pada jaringan internet. Hal ini menyebabkan beberapa siswa tidak bisa mengikuti kegiatan belajar termasuk kegiatan evaluasi. Sehingga menjadi ide bagi penulis untuk mengembangkan sebuah aplikasi instrumen evaluasi yang dapat dioperasikan secara offline pada smartphone android. Tujuan penelitian pengembangan ini antara lain: 1) untuk mendeskripsikan kevalidan produk instrumen evaluasi berbasis kuis ditinjau dari aspek media, 2) untuk mendeskripisan kevalidan produk instrumen evaluasi berbasis kuis ditinjau dari aspek materi, 3) untuk mendeskripisan kevalidan produk instrumen evaluasi berbasis kuis ditinjau dari aspek evaluasi dan 4) untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap produk instrumen evaluasi berbasis kuis. Dalam penelitian pengembangan ini, peneliti menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Produk diuji cobakan pada 12 siswa kelas XI MAN 3 Jember. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni instrumen validasi (angket), wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan peneliti antara lain: 1) memperoleh skor keseluruhan 94,82% dari ahli media dengan kriteria “Sangat Valid”, 2) memperoleh skor keseluruhan 95,82% dari ahli materi dengan kriteria “Sangat Valid”, 3) memperoleh skor keseluruhan sebesar 86,71% dari ahli evaluasi dengan kriteria “Sangat Valid”, 4) dan memperoleh respons siswa dengan skor 85,38% pada aspek penyajian, 84,68% pada aspek desain, 88,15% pada aspek penggunaan dan 86,25% pada aspek manfaat dan kebutuhan siswa. Secara keseluruhan respons siswa terhadap produk instrumen evaluasi berbasis kuis adalah “Sangat Baik”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:06
Last Modified: 21 Apr 2022 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3816

Actions (login required)

View Item View Item